Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Vaksin Covid-19 Gratis Hanya untuk Anggota BPJS Kesehatan yang Tak Ada Tunggakan? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Wanda Indana • 23 Desember 2020 12:17
Kabar beredar menyebutkan pemberian vaksin covid-19 gratis hanya diperuntukkan kepada masyarakat yang terdaftar sebagai anggota BPJS Kesehatan yang tidak memiliki tunggakan. Kabar itu beredar di media sosial dan pesan berantai WhatsApp.
 
Akun Facebook Ainul Mustofa membagikan kabar itu pada 20 Desember 2020. Akun itu mengunggah narasi, bertuliskan sebagai berikut:

"Syarat Vaksin Gratis Jokowi: BPJS Kesehatan Anda Harus Aktif?"


Benarkah pemberian vaksin covid-19 gratis hanya untuk masyarakat yang tidak memiliki tunggakan BPJS Kesehatan? Berikut cek faktanya:
 

[Cek Fakta] Vaksin Covid-19 Gratis Hanya untuk Anggota BPJS Kesehatan yang Tak Ada Tunggakan? Ini Faktanya

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran tim Cek Fakta Medcom.id, klaim bahwa Presiden Joko Widodo mengatakan pemberian vaksin covid-19 gratis hanya untuk masyarakat yang tidak memiliki tunggakan BPJS Kesehatan adalah hoaks. Faktanya, pemberian vaksin untuk masyarakat gratis. Melalui video dari akun Youtube resmi Sekretariat Presiden berjudul "Presiden Jokowi: Vaksin Covid-19 Gratis!" diunggah pada 15 Desember 2020, Jokowi menegaskan, vaksin untuk masyarakat adalah gratis.
 
"Setelah menerima banyak masukan dari masyarakat, dan setelah melakukan kalkulasi ulang, melakukan perhitungan ulang mengenai keuangan negara, dapat saya sampaikan bahwa vaksin covid-19 untuk masyarakat adalah gratis." tegas Kepala Negara.
 
Jokowi juga mengatakan akan menjadi penerima vaksin covid-19 pertama. Hal ini untuk menepis keraguan masyarakat akan keamanan vaksin yang disediakan.
 
"Saya juga ingin tegaskan lagi, nanti saya yang akan menjadi penerima pertama, divaksin pertama kali, hal ini untuk memberikan kepercayaan dan keyakinan kepada masyarakat bahwa vaksin yang digunakan aman" tegas Jokowi.
 
Selain itu, Presiden tetap mengingatkan seluruh masyarakat untuk terus berdisiplin dalam menjalankan protokol kesehatan dengan mengenakan masker, menjaga jarak aman, dan mencuci tangan secara berkala.
 

[Cek Fakta] Vaksin Covid-19 Gratis Hanya untuk Anggota BPJS Kesehatan yang Tak Ada Tunggakan? Ini Faktanya
 

Pula, melalui pemberitaan Medcom.id, melalui artikel berjudul "Jokowi: Vaksin Gratis Tak Hanya untuk Peserta BPJS"dimuat 18 Desember 2020, di hadapan para penerima bantuan modal Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Istana Negara, Jakarta Pusat, Jokowi juga menegaskan vaksin covid-19 gratis tidak hanya untuk peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) saja. Vaksin gratis diperuntukkan bagi seluruh masyarakat Indonesia.
 
"Tidak ada kaitannya dengan anggota BPJS. Karena ada isu yang mengatakan vaksin gratis hanya untuk yang memiliki kartu BPJS. Tidak. Semua keluarga bisa mengikutinya," kata dia.
 
Jokowi mengatakan pelaksanaan vaksinasi akan diatur keluarga dan puskesmas masing-masing daerah. Ada sekitar 182 juta warga atau 70 persen dari penduduk Indonesia yang akan menerima vaksin tersebut.
 
"Bayangkan Bapak, Ibu, 182 juta orang disuntik satu-satu dan saya ingatkan sekali lagi bahwa pemberian vaksin ini tidak dipungut biaya alias gratis," tegasnya.
 
Kepala Negara berharap vaksin covid-19 diterima semua masyarakat. Sebab, pemerintah telah menjamin mutu, keamanan, dan kehalalannya.
 
"Vaksin itu juga sudah diikuti oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Kementerian Agama sampai ke pabriknya," kata Jokowi.
 
MUI akan mengeluarkan status kehalalan vaksin. Namun, Jokowi tak menyebut kapan sertifikasi itu disampaikan secara resmi.
 

[Cek Fakta] Vaksin Covid-19 Gratis Hanya untuk Anggota BPJS Kesehatan yang Tak Ada Tunggakan? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa Presiden Joko Widodo mengatakan pemberian vaksin covid-19 gratis hanya untuk masyarakat yang tidak memiliki tunggakan BPJS Kesehatan adalah hoaks. Faktanya, pemberian vaksin untuk masyarakat gratis.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis Misleading Content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.
 

[Cek Fakta] Vaksin Covid-19 Gratis Hanya untuk Anggota BPJS Kesehatan yang Tak Ada Tunggakan? Ini Faktanya
 
Referensi:
https://archive.md/rcdaw
https://www.medcom.id/nasional/politik/JKRAWnwk-jokowi-vaksin-gratis-tak-hanya-untuk-peserta-bpjs
https://www.youtube.com/watch?v=SUINJJOyTqo&fbclid=IwAR3VkmmbFUr9_-WJi1nsCWxL4zN6T_k95PhhHVpuxG9n00f_T4HdWRpH43Q
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surelcekfakta@medcom.idatau WA/SMS ke nomor082113322016
 

 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif