Tangkapan layar berita palsu Foto:Whatsapp
Tangkapan layar berita palsu Foto:Whatsapp

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Habib Rizieq Sakit karena Diracun? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Whisnu Mardiansyah • 09 Januari 2021 07:00
Beredar sebuah pesan berantai berisi ajakan doa untuk pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab yang dilaporkan tengah sakit di dalam tahanan. Dalam pesan berantai itu, menyebutkan Rizieq Shihab sakit karena diberi racun dalam makanannya.
 
Berikut isi pesan berantai tersebut:

BANTU DOA UNTUK IB HABIB RIZIEQ SYIHAB YG SEKARANG DI RUTAN POLDA METRO JAYA DALAM KEADAAN SAKIT YG TIDAK NORMAL..!!!
 
Terancam keamanan Habib Rizieg Syihab kini sdh terbaring dan tak berdaya lagi;
Kesehatan nya.ternyata telah di racunin oleh orang tertentu.
Wallahu'alam bissawab,

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Kita semua sudah menduga makanan habib Rizieq di dlm penjara di racuni ,biasa nya racun makanan yg tidak bisa terditeksi di tubuh itu deterjen, orang akan mati berlahan lahan bila di beri makan bercampur deterjen. Mohon doa ! alfatihah


[Cek Fakta] Habib Rizieq Sakit karena Diracun? Ini Faktanya Penelusuran:
Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom, klaim Habib Rizieq sakit di dalam tahanan karena diracun adalah salah. Faktanya, Rizieq Shihab menderita sakit asam lambung.
 
Dilansir beritasatu.com, kuasa hukum Rizieq Shihab, Azis Yanuar mengatakan tim kuasa hukum sendiri saat ini tengah berupaya meminta permohonan kepada penyidik dan pihak Polda Metro Jaya untuk bisa memeriksakan kondisi Rizieq di RSCM.
 
Senada dengan Azis, luasa hukum Rizieq lainnya, Sugito Atmo Prawiro juga mengungkapkan bahwa kondisi Rizieq sendiri sedang dalam kondisi yang kurang baik di tahanan.
 
"Sakitnya sejauh ini kita belum tahu karena beliau kan punya riwayat sakit maag dan asam lambung. Makanya kemarin beliau sempat miminta keluarga membawakan satu tabung oksigen. Dan sejauh ini pihak Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polda Metro Jaya tengah melakukan pemeriksaan kesehatan intensif terhadap beliau, semoga kita doakan baik-baik saja," jelas Sugito.
 
[Cek Fakta] Habib Rizieq Sakit karena Diracun? Ini Faktanya
 
Dilansir tribunnews.com, Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, Rizieq sempat menderita asam lambung, sehingga kondisi kesehatannya menurun.
 
Kepolisian langsung menangani Rizieq sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) yang berlaku, di antaranya memberikan bantuan tabung oksigen.
 
Meski demikian, Rizieq menolak pengobatan dari Kepolisian. Ia lebih memilih menggunakan tabung oksigen miliknya yang selalu dibawa sebelum ditahan.
 
"Ada CCTV-nya, ada semua. Kami kasih tidak mau, dia (Rizieq) maunya oksigennya dia. Memang sebelum masuk sini selalu bawa tabung oksigen. Di mobilnya juga ada tabung oksigen," paparnya.
 
Kini, Kepolisian dan dokter pribadi Rizieq dari MER-C terus memantu kondisi pemimpin FPI yang telah dibubarkan pemerintah itu.
 
Yusri pun menegaskan, kesehatan Rizieq sudah membaik, dengan saturasi oksigen berada di angka 98 persen. "Sehat itu dia sekarang, baru dicek lagi sama tim kesehatan dia dan sama kita, dia punya oksigen 98 persen," jelasnya.
 
[Cek Fakta] Habib Rizieq Sakit karena Diracun? Ini Faktanya
 
Kesimpulan:
Klaim Habib Rizieq sakit di dalam tahanan karena diracun adalah salah. Faktanya, Rizieq Shihab menderita sakit asam lambung.
 
Informasi ini jenis hoaks fabricated content (konten palsu). Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain.
[Cek Fakta] Habib Rizieq Sakit karena Diracun? Ini Faktanya
Referensi:
1.https://www.beritasatu.com/megapolitan/717477/kuasa-hukum-sebut-kondisi-kesehatan-rizieq-sempat-menurun
2.https://jateng.tribunnews.com/2021/01/08/sempat-sakit-polisi-pastikan-kondisi-rizieq-shihab-sudah-membaik
3.https://archive.fo/HfYa3
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 

 
(WHS)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif