Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Jokowi Mengaku Gagal Memimpin Negara? Cek Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Wanda Indana • 02 Juli 2020 18:19
Presiden Joko Widodo diisukan mengakui dirinya gagal memimpin negara. Kabar itu beredar di media sosial.
 
Akun Facebook Gubernur Muslim membagikan isu tersebut dengan mengunggah linkartikel berjudul "Jokowi Akui Gagal Pimpin Negara". Artikel itu dimuat situs wartarakyat.co pada Rabu, 1 Juli 2020. Sejak diunggah, postingan tersebut sudah mendapat 121 respons warganet, 64 komentar, dan 5 kali dibagikan.
 
Benarkah Presiden Jokowi mengakui dirinya gagal memimpin negara? Berikut penelusuran tim Cek Fakta Medcom.id.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

[Cek Fakta] Jokowi Mengaku Gagal Memimpin Negara? Cek Faktanya
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim bahwa Presiden Jokowi mengakui dirinya gagal memimpin negara adalah salah. Judul artikel pada situs wartarakyat.co tidak sesuai dengan isinya.
 
Artikel tersebut berisi tentang pendapat Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago terkait kemarahan Presiden Jokowi kepada para menteri yang dinilainya hanya degelan politik. Menurut Pangi, Jokowi tengah menutupi kelemahannya sebagai presiden.
 
“Bagaimana mungkin kita bisa mahfum bahwa kegagalan pemerintahan tertumpu pada kelemahan pembantu presiden? bagaimana ceritanya kalau presidennya tak punya strong leadership yang berkelas, apakah masih bisa mengerakkan gerigi rotari? memberikan pengaruh dan energi positif bagi menterinya dan menjadi kekuatan/semangat bagi para menteri?” katanya seperti, Selasa 30 Juni 2020.
 
Di dalam artikel itu, tidak ada pernyataan Jokowi yang menyebut dirinya gagal memimpin negara. Artikel yang dimuat wartarakyat.co berasal dari artikel law-justice.co berjudul "Voxpol Center Research: Jokowi Akui Gagal Pimpin Negara!".
 

[Cek Fakta] Jokowi Mengaku Gagal Memimpin Negara? Cek Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa Presiden Jokowi mengakui dirinya gagal memimpin negara adalah salah. Judul artikel pada situs wartarakyat.co tidak sesuai dengan isinya. Pada artikel itu, tidak ada pernyataan Jokowi yang mengaku gagal memimpin negara.
 
Informasi tersebut masuk dalam kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan)
Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.
 

Referensi:
https://archive.md/B3KDz
https://www.law-justice.co/artikel/88744/voxpol-center-research-jokowi-akui-gagal-pimpin-negara/
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id
 

 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif