Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Benarkah Gembong PKI DN Aidit Memiliki Keturunan Habib? Cek Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Wanda Indana • 28 September 2020 09:58
Beredar kabar yang menyebutkan salah seorang tokoh pemberontakan G30S PKI DN Aidit, memiliki garis keturunan habaib (keturunan Nabi Muhammad SAW). Kabar itu beredar di media sosial.
 
Adalah akun Facebook Dedy Susanto membagikan kabar itu pada sebuah laman grup percakapan POLITIK INDONESIA yang memiliki 7,8 ribu anggota. Akun itumengunggah foto yang memperlihatkan DN Aidit dan ayahnya pada Senin, 21 September 2020. Pada unggahannya, akun itu menyertakan narasi pada foto tersebut. Berikut penggalan isi narasinya:
 
"SIAPAKAH TOKOH PKI ???

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
TOKOH PKI (KOMUNIS) ITU SEORANG LAKI-LAKI INDONESIA KETURUNAN ARAB YAMAN, NAMANYA DN. AIDIT ALIAS AHMAD AIDIT, ALIAS DJA’FAR NAWI AIDIT, ALIAS DIPA NUSANTARA AIDIT (NAMA YANG DIPILIHNYA SENDIRI SETELAH DEWASA). Foto : DN Aidit bersama ayahnya, Abdullah Aidit.
 
Terkait hal ini, Republika.co.id sempat berbincang dengan putra DN Aidit, Ilham Aidit. Dia mengaku, Aidit yang mereka sandang adalah nama marga. Riwayat Aidit yang disampaikan Ilham pun mirip dengan kisah marga Aidid.
"Asalnya dari Yaman. Tapi anehnya, keturunannya banyak tersebar di wilayah Afrika Utara," kata Ilham.
Ilham menjelaskan, nama Aidit yang mereka sandang berasal dari nama marga sang kakek, yakni Abdullah Aidit. "Itu sebetulnya nama (Aidit) dari kakek saya," ujarnya.
Sang kakek pun pernah berkisah pada Ilham soal nama Aidit yang mereka sandang. "Kakek saya (Abdullah Aidit) selalu bercerita tentang itu. Dia bilang (Aidit) ini tidak sembarangan, punya garis keturunan Rasulullah kalau diurut dari stamboom (silsilah)," ujar Ilham.
Ilham lantas berujar, pemegang nama marga Aidit sangat banyak di Indonesia, terutama di Sumatra dan Kalimantan. Pada 1930, kata Ilham, banyak yang menggunakan nama marga Aidit sebagai identitas sehari-hari.
Namun, selepas kasus 30 September 1965, pemilik nama marga Aidit perlahan menghilang dari Indonesia. Ini sejalan dengan kisah Abdul Rachman yang sejak 1965 menghilangkan nama Aidit-nya.
"Betul, selepas tahun 1965, banyak yang menghapus nama marga itu secara bersama-sama karena takut dikira punya hubungan keluarga (dengan DN Aidit). Karena dulu hubungan keluarga sejauh apa pun bisa jadi masalah," kata Ilham."
 

[Cek Fakta] Benarkah Gembong PKI DN Aidit Memiliki Keturunan Habib? Cek Faktanya

 

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran tim Cek Fakta Medcom.id, klaim bahwa tokoh PKI DN Aidit memiliki keturunan habaib adalah salah. Faktanya, DPP Rabithah Alawiyah beserta Maktab Daimi sebagai lembaga resmi pencatatan nasab Alawiyin menyatakan bahwa DN Aidit tidak ada hubungan sama sekali dengan keluarga Al-Aidid, dan hanya kemiripan nama semata.
 
Dilansir Faktakini.net, DPP Rabithah Alawiyah telah mengeluarkan surat pernyataa terkait bantahan informasi yang mengaitkan DN Aidit dengan habaib. Surat pernyataan itu dikeluarkan pada Kamis, 21 September 2017.
 
Berikut secara lengkap isi surat keterangannya:
 
"Bersama surat ini DPP Rabithah Alawiyah beserta Maktab Daimi sebagai lembaga resmi pencatatan nasab Alawiyin menyatakan bahwa DPP Rabithah Alawiyah maupun Maktab Daimi tidak pernah mengeluarkan kisah tentang gembong PKI yang bernama DN. Aidit dan menyatakan pula bahwa kisah tersebut tidak benar dan bahwa Aidit tersebut tidak ada hubungan sama sekali dengan keluarga Al-Aidid, dan hanya kemiripan nama semata. Sekian."
 

[Cek Fakta] Benarkah Gembong PKI DN Aidit Memiliki Keturunan Habib? Cek Faktanya
 

Pula, dilansir Republika.id, melalui artikel berjudul "Rabithah Alawiyah: D.N. Aidit Bukan Keturunan Alawiyyin" dimuat pada Kamis, 24 September 2020, Ketua Umum Rabithah Alawiyah Zein Umar Smith menyebut D.N. Aidit bukanlah anak cucu Alawiyyin (kaum atau sekelompok orang memiliki pertalian darah dengan Nabi Muhammad). Menurutnya, hal itu perlu ditegaskan, karena menyangkut marga Aidid dan salah satu dalang pemberontakan G30S/PKI.
 
Zein mengatakan, nama baik marga Al-Aidid yang tersohor dan diabadikan dalam kamus-kamus ensiklopedia, tercoreng oleh gembong PKI. Menurut dia, nama D.N. Aidit dianggap dapat berpotensi menjelekkan nama baik semua marga Alawiyyin.
 
"D.N. Aidit bukanlah anak cucu Alawiyyin karena silsilah nasabnya tidak ditemukan dalam kitab pegangan yang dijadikan pedoman lembaga nasab yang ada di Indonesia," ujar dia dalam keterangan resmi.
 
Dia menjelaskan, berdasarkan penuturan atau fatwa dari para sesepuh Alawiyyin, nasab itu dimulai saat hijrah pedagang Arab dari marga Al-Aidid ke Kota Pelembang. Hal itu, menurutnya, juga dikuatkan oleh sumber-sumber dari media cetak yang terbit dalam kurun waktu 1960.
 
"Pedagang itu menikah dengan seorang janda penduduk setempat yang telah mempunyai seorang anak bernama Nuh," katanya.
 
Nuh menjadi anak angkat dari saudagar Arab tersebut dan menganggap dirinya sebagai keturunan marga Al-Aidid. Namun, karena adanya cara penulisan Aidid dari waktu ke waktu, maka nama Aidid ia sebut berubah menjadi Aidit oleh bahasa setempat.
 
"Jelasnya huruf 'd' pada akhir kata Aidid diganti dengan huruf 't' sehingga namanya menjadi Nuh Aidit. Setelah Nuh Aidit dewasa, dia menikah dan dari pernikahannya lahirlah seorang anak laki-laki yang bernama Jakfar," ungkap dia.
 
Zein mengatakan, setelah Nuh dan istrinya meninggal dunia, Jakfar bin Nuh dibawa ke Jakarta dan diasuh oleh keluarga pamannya (adik ibu). Jauh setelah itu, tepatnya ketika Jakfar bin Nuh dewasa, ia terpengaruh oleh ajaran komunis sehingga menjadikannya bagian dari anggota Partai Komunis Indonesia.
 
"Selanjutnya ia mengganti namanya dengan Dipa Nusantara Adit," ujarnya.
 

[Cek Fakta] Benarkah Gembong PKI DN Aidit Memiliki Keturunan Habib? Cek Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa tokoh PKI DN Aidit memiliki keturunan habaib adalas salah. Faktanya, DPP Rabithah Alawiyah beserta Maktab Daimi sebagai lembaga resmi pencatatan nasab Alawiyin menyatakan bahwa DN Aidit tidak ada hubungan sama sekali dengan keluarga Al-Aidid, dan hanya kemiripan nama semata.
 
Informasi ini adalah hoaks jenis manipulated content (konten manipulasi).Manipulated content atau konten manipulasi biasanya berisi hasil editan dari informasi yang pernah diterbitkan media-media besar dan kredibel. Gampangnya, konten jenis ini dibentuk dengan cara mengedit konten yang sudah ada dengan tujuan untuk mengecoh publik.
 

[Cek Fakta] Benarkah Gembong PKI DN Aidit Memiliki Keturunan Habib? Cek Faktanya
 

Referensi:
https://www.faktakini.net/2018/01/rabithah-alawiyah-dn-aidit-tokoh-pki.html
https://republika.co.id/berita/qh5fgw366/rabithah-alawiyah-dn-aidit-bukan-keturunan-alawiyyin
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surelcekfakta@medcom.idatau WA/SMS ke nomor082113322016
 


 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif