Tangkapan layar berita palsu Foto:Whatsapp
Tangkapan layar berita palsu Foto:Whatsapp

[Cek Fakta] Subsidi Kuota Internet 75 Gb dari Kemendikbud? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Whisnu Mardiansyah • 21 Desember 2020 10:45
Beredar sebuah narasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memberikan subsidi kuota internet sebesar 75 gigabyte untuk semua operator. Narasi beredar lewat pesan berantai di aplikasi whatsapp.
 
Dalam narasinya, subsidi kuota bisa didapatkan dengan masuk ke tautan situs yang telah dibagikan. Subsidi ini ada batas waktu sampai 31 Desember 2020.
 
[Cek Fakta] Subsidi Kuota Internet 75 Gb dari Kemendikbud? Ini Faktanya

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom.id, klaim Kemendikbud membagikan subsidi kuota sebesar 75 gb adalah salah. Faktanya, diduga situs tersebut diduga modus penipuan upaya phising atau peretasan yang dapat bermula dari link atau situs tertentu jika sempat di-klik penerima pesan. Dilansir dari kemendikbud.go.id, bantuan kuota data internet yang diberikan pemerintah terdiri dari dua jenis, yakni kuota umum dan kuota belajar. Kuota umum berarti yang dapat digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi, sedangkan kuota belajar berarti yang hanya dapat digunakan untuk mengakses laman dan aplikasi pembelajaran dengan daftar yang tercantum pada https://kuota-belajar.kemdikbud.go.id/.
 
Alokasi kuota yang diberikan yakni untuk peserta didik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sebanyak 20 GB/bulan, peserta didik jenjang pendidikan dasar dan menengah 35 GB/bulan, pendidik pada PAUD dan jenjang pendidikan dasar dan menengah 42 GB/bulan, serta untuk mahasiswa dan dosen 50 GB/bulan. Seluruhnya mendapatkan kuota umum sebesar 5 GB/bulan, sisanya adalah untuk kuota belajar.
 
Mendikbud mengatakan kuota internet akan dibagikan merata kepada seluruh pendidik dan peserta didik yang telah terdaftar. Para orang tua siswa pun tidak perlu khawatir jika anak-anak mereka belum mendapatkan bantuan kuota, karena mekanisme penyaluran bantuan kuota data internet dilakukan secara bertahap.
 
[Cek Fakta] Subsidi Kuota Internet 75 Gb dari Kemendikbud? Ini Faktanya
 
Dilansir medcom.id, Dari data penyaluran terakhir pada November, Kemendikbud hanya berhasil memberikan bantuan kepada total 35,7 juta penerima.
 
Kemendikbud menargetkan subsidi kuota disalurkan kepada 59,5 juta penerima. Dengan data jumlah penerima sekitar 35 juta tersebut, target penyaluran bantuan kuota internet untuk belajar daring yang terealisasi berarti hanya sekitar 62 persen.
 
[Cek Fakta] Subsidi Kuota Internet 75 Gb dari Kemendikbud? Ini Faktanya
 
Kesimpulan:
Klaim Kemendikbud membagikan subsidi kuota sebesar 75 gb adalah salah. Faktanya, diduga situs tersebut diduga modus penipuan upaya phising atau peretasan yang dapat bermula dari link atau situs tertentu jika sempat di-klik penerima pesan.
 
Informasi ini jenis hoaks Fabricated Content (konten palsu). Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain.
[Cek Fakta] Subsidi Kuota Internet 75 Gb dari Kemendikbud? Ini Faktanya
Referensi:
1.https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/09/kemendikbud-resmikan-kebijakan-bantuan-kuota-data-internet-2020
2.https://www.medcom.id/pendidikan/news-pendidikan/yNL47ByN-tak-capai-target-subsidi-kuota-kemendikbud-hanya-tersalurkan-62
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 

 
(WHS)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif