Tangkapan layar unggahan hoaks di media sosial
Tangkapan layar unggahan hoaks di media sosial

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Bercak Putih Pada Bayi Baru Lahir Dapat Dihilangkan dengan Mengkonsumsi Air Kelapa Muda? Cek Faktanya

Medcom Files bayi hoax Cek Fakta kabar hoaks
Wanda Indana • 05 Mei 2022 09:29
Beredarsebuah video disertai klaim bercak putih pada bayi baru lahir dapat hilang jika selama hamil sang ibu sering mengonsumsi air kelapa muda. Video ini beredar di media sosial.
 
Akun Instagram @storyartiz membagikan video tersebut pada 4 April 2022. Pada video tersebut terdapat narasi sebagai berikut:
 
“klo sudah hamil tua jngn lupa ya sellu minum air kelapa muda biar bayi nya bersih.”

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Benarkah? Berikut cek faktanya.
[Cek Fakta] Bercak Putih Pada Bayi Baru Lahir Dapat Dihilangkan dengan Mengkonsumsi Air Kelapa Muda? Cek Faktanya
 

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim bahwa mengonsumsi air kelapa muda dapat menghilangkan bercak putih pada bayi yang baru adalah salah. Faktanya, tidak ada bukti ilmiah dan informasi ini telah diklarifkasi ahli.
 
Dilansir artikel detik.com, dr. Ridwan, SpOG dari Kemang Medical Caremenjelaskan bercak-bercak putih pada bayi yang baru dilahirkan bukan kotoran, melainkan vernix casseosa. Secara alamiah vernix casseosa melapisi kulit janin selama trimester akhir kehamilan.
 
"Zat ini berasal dari kelenjar minyak bayi dan terdiri dari sel minyak serta sel kulit yang telah mengelupas. Kandungan yang terdapat dalam zat tersebut terdiri dari air (80,5 persen), protein (10,3 persen) dan lipid (9,1 persen)," terang dr Ridwan.
 
Diterangkan dr Ridwan, kandungan ini selain melindungi bayi dari mikroba juga mengandung protein yang sifatnya seperti antibiotik. Selain itu juga berfungsi membantu kulit bayi beradaptasi, termasuk membantu menjaga kulit bayi baru lahir agar tidak mudah kehilangan panas tubuh.
 
Adanya bercak-bercak putih pada tubuh bayi yang baru lahir tersebut adalah hal yang wajar dan tidak ada hubungannya dengan makanan atau minuman yang dikonsumsi oleh ibu selama hamil.
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa mengonsumsi air kelapa muda dapat menghilangkan bercak putih pada bayi yang baru adalah salah. Faktanya, tidak ada bukti ilmiah dan informasi ini telah diklarifkasi ahli.
 
Informasi ini jenis hoaksfalse context(konteks keliru).False contextadalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
 

[Cek Fakta] Bercak Putih Pada Bayi Baru Lahir Dapat Dihilangkan dengan Mengkonsumsi Air Kelapa Muda? Cek Faktanya
 

Referensi:
-https://health.detik.com/bayi/d-3230627/fakta-tentang-kulit-bayi-baru-lahir-yang-tampak-kotor-dan-tidak-mulus
-https://health.detik.com/ibu-hamil/d-3226563/mitos-air-kelapa-dan-kehamilan
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 
Kami saat ini mengadakan survei/kuesionerbertujuan memahami perilaku dan preferensi audiens terkait konten cek fakta dari media/pers di Indonesia. Anda bisa mengisi survei melalui tautan link di bawah ini. Data Anda akan dijamin kerahasiaannya dan hanya akan digunakan guna keperluan penelitian.
 
Link survei:https://tinyurl.com/survei-audiens-cekfakta

 


 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif