Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook
Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Pemilik KTP-el Dapat Bantuan Tunai Rp3,5 Juta? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Whisnu Mardiansyah • 20 Februari 2021 07:00
Beredar sebuah informasi pemerintah akan membagikan bantuan tunai kepada semua masyarakat pemegang KTP-el. Bantuan diberikan sebesar Rp3,5 juta per orang.
 
Akun facebook atas nama Ewako membagikan informasi ini pada 17 Februari 2021. Dalam unggahannya ia mencantumkan artikel berita berjudul "Bantuan Uang Tunai Rp3,5 Juta Disalurkan Pemerintah, Syaratnya Cukup Siapkan KTP"Dalam unggahannya ia memberikan narasi sebagai berikut.

"Apa masih ada manusia Indonesia yang percaya omongan Kangmas..?
Apa ada dananya ?
Kalau rakyat pemilik e_ktp ada 230 juta dikalikan Rp 3.5 jt, itu jumlahnya 805.000.000.000.000 alias RP 805 TRILIUN
KANGMAS, KALAU NGOMONG PAKAI AKAL JANGAN PAKAI ISI TEMPURUNG LUTUT..!!"


[Cek Fakta] Pemilik KTP-el Dapat Bantuan Tunai Rp3,5 Juta? Ini Faktanya
 
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom, klaim pemerintah akan membagikan bantuan tunai kepada semua masyarakat pemegang KTP-el sebesar Rp3,5 Juta adalah salah. Faktanya, bantuan tersebut adalah bantuan modal kewirausahaan untuk penerima Program Keluarga Harapan (PKH).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Dilansir kompas.com, program kewirausahaan sosial (Prokus) dari Kementerian Sosial diberikan kepada Penerima Manfaat dari Program Keluarga Harapan ( PKH) yang akan graduasi. Melansir laman resmi Indonesia.go.id, bantuan ini menurut rencana akan diberikan kepada 10.000 KPM PKH Graduasi yang memiliki rintisan usaha sejak terdampak pandemi Covid-19.
KPM PKH Graduasi yang terseleksi akan menerima pendampingan dan bantuan sosial insentif modal usaha sebesar Rp 3,5 juta per KPM untuk lebih mengembangkan usaha mereka.
 
KPM PKH graduasi dapat diartikan sebagai keluarga yang sudah lulus dari program PKH atau sudah dinyatakan mampu dan mendiri, karena usahanya telah berkembang.
 
[Cek Fakta] Pemilik KTP-el Dapat Bantuan Tunai Rp3,5 Juta? Ini Faktanya
 
Dilansir bisnis.com, Kemensos menyebutkan beberapa syarat untuk bisa masuk dalam DTKS, yaitu masyarakat (fakir miskin) mendaftarkan diri ke Desa/Kelurahan setempat dengan membawa KTP dan KK. Data ini kemudian akan dimusyawarahkan oleh pihak berwenang.
 
1. Pelaku usaha harus terdaftar sebagai penerima Bantuan Sosial Insentif Modal Usaha.
 
2. Penerima bantuan akan diseleksi dan akan menerima pendampingan dan bantuan sosial insentif modal usaha sebesar Rp3,5 juta per KPM untuk lebih mengembangkan usahanya.
 
[Cek Fakta] Pemilik KTP-el Dapat Bantuan Tunai Rp3,5 Juta? Ini Faktanya
 
Kesimpulan:
Klaim pemerintah akan membagikan bantuan tunai kepada semua masyarakat pemegang KTP-el sebesar Rp3,5 Juta adalah salah. Faktanya, bantuan tersebut adalah bantuan modal kewirausahaan untuk penerima Program Keluarga Harapan (PKH).
 
Informasi ini jenis hoaks false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
[Cek Fakta] Pemilik KTP-el Dapat Bantuan Tunai Rp3,5 Juta? Ini Faktanya
Referensi:
1.https://www.kompas.com/tren/berita/200500665-ingin-dapat-bantuan-modal-usaha-rp-35-juta-dari-kemensos-ini-syaratnya?page=all
2.https://ekonomi.bisnis.com/read/20201202/9/1325266/mau-dapat-bansos-modal-usaha-rp35-juta-cek-situs-dtkskemensosgoid
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016

 
(WHS)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif