Tangkapan layar informasi yang beredar di media sosial
Tangkapan layar informasi yang beredar di media sosial

Fakta atau Hoaks

[Cek Fakta] Video Bukti Yahudi Bohongi Dunia Seolah-olah Divaksin? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
M Rodhi Aulia • 24 Maret 2021 12:43
Beredar sebuah video dengan narasi bahwa Yahudi membohongi dunia terkait pemberian vaksin. Video ini beredar di media sosial.
 
Pada video itu tampak vaksinator tidak menyuntikkan vaksin dengan benar. Pasalnya secara jelas jarum suntik tidak masuk ke tubuh seorang pria pada video itu.
 
Adalah akun twitter Fahmi Alkatiri @FKadrun yang turut mengunggah video tersebut, 24 Maret 2021. Berikut narasi selengkapnya:


"tu liat kelakuan Yahudi ngebohongin dunia se olah² di vaccine padahal tdk, dia ga tau ada cctv yg lg ngerekam.."


Unggahan ini direspons sejumlah warganet. Terdiri dari 148 retweets, 16 quotes tweets dan 238 likes.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

[Cek Fakta] Video Bukti Yahudi Bohongi Dunia Seolah-olah Divaksin? Ini Faktanya
Penelusuran:
Dari penelusuran kami, klaim bahwa video itu merupakan pembohongan soal vaksin, adalah salah. Faktanya, video itu merupakan simulasi.
 
Video ini juga beredar di media sosial berbahasa Rusia pada 1 Maret 2021. Video itu diambil dari lantai atas sebuah pusat perbelanjaan di kota Bat Yam, Israel.
 
Kegiatan vaksinasi itu dilakukan sebuah organisasi kesehatan di Israel, Magen David Adom (MDA). MDA memberikan klarifikasi terkait video itu.

"Kami berbicara tentang berita palsu dari tingkat paling bawah. Staf Magen David Adom, yang telah memberikan lebih dari satu juta vaksinasi kepada orang Israel, dari waktu ke waktu memenuhi permintaan vaksinasi untuk merekam proses vaksinasi dalam foto atau video. . Dalam kasus ini, pasien tidak punya waktu untuk merekam proses vaksinasi. Oleh karena itu, dia meminta anggota staf MDA untuk mensimulasikan proses injeksi dengan jarum suntik kosong. Klaim apa pun bahwa itu adalah jarum suntik yang diisi sama sekali tidak benar," tulis situs newsru.co.il dalam laporannya, 2 Maret 2021.


 
[Cek Fakta] Video Bukti Yahudi Bohongi Dunia Seolah-olah Divaksin? Ini Faktanya
 

Di sisi lain, MADA dalam akun media sosial resmi rutin mengunggah suasana vaksinasi. Pada gambar yang ditampilkan tampak jarum suntik menancap utuh dalam tubuh orang yang divaksin.
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa video itu merupakan pembohongan soal vaksin, adalah salah. Faktanya, video itu merupakan simulasi.
 
Informasi tersebut masuk dalam hoaks jenis false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
 

[Cek Fakta] Video Bukti Yahudi Bohongi Dunia Seolah-olah Divaksin? Ini Faktanya
 

Referensi:
https://www.newsru.co.il/israel/02mar2021/mada_fake.html
https://www.facebook.com/mdaonline/
https://archive.md/pObFY
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 

 
(DHI)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif