Tangkapan layar berita palsu. Foto: Facebook
Tangkapan layar berita palsu. Foto: Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Jokowi Keluarkan Keppres untuk Kemenangan Gibran dan Bobby di Pilkada? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Whisnu Mardiansyah • 21 Juli 2020 14:16
Beredar sebuah narasi yang menarasikan Presiden Joko Widodo akan mengeluarkan Keputusan Preiden (Keppres) untuk memenangkan anaknya Gibran Rakabuming Raka di Pilkada Solo dan menantunya Bobby Nasution di Pilkada Medan. Narasi ini beredar di media sosial facebbok.
 
Akun Facebook atas nama Putra Inka mengunggah narasi ini pada 20 Juli 2020. Dalam unggahannya ia memberikan narasi sebagai berikut.

"JOKOWI Akan Kluarkan KEPPRES Yg Mmtuskan GIbran&Mantunya Sbgai Pmnang PILKADA Solo&Medan Agar Hemat Biaya Di Tngah PENDEMIK CORONA"


Unggahan ini mendapatkan respon dari 60 warganet. Serta 19 komentar dan 35 kali dibagikan.
 

[Cek Fakta] Jokowi Keluarkan Keppres untuk Kemenangan Gibran dan Bobby di Pilkada? Ini Faktanya

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran kami, klaim bahwa Presiden Joko Widodo akan mengeluarkan Keppres untuk memenangkan anaknya Gibran Rakabuming Raka dan menantunya Bobby Nasution di Pilkada 2020 adalah salah. Faktanya, tidak ada informasi valid dari media arus utama terkait hal itu. Dilansir dari Detik.com, Presiden Joko Widodo tidak akan turut campur terkait pencalonan putra dan menantunya di Pilkada serentak 2020. Jokowi pun membantah ada dinasti politik untuk meneruskan kekuasaanya.
 
Ia menegaskan tak akan mengkampanyekan putranya Gibran Rakabuming Raka dan menantunya Bobby Nasution. Jokowi mengatakan enggan ikut campur dengan keputusan keduanya maju di Pilkada.
 
"Nggak (akan kampanye). Kerjaan banyak," kata Jokowi dilansir Detik.com.
 
Jokowi pun menepis anggapan dinasti politik dengan majunya Gibran dan Bobby di Pilkada 2020. Dia menegaskan rakyatlah yang nantinya menentukan nasib Gibran dan Bobby.
 
"Dinasti itu dinasti gimana. Ini yang menentukan itu rakyat. Semuanya mempunyai hak untuk dipilih dan memilih," kata
 

[Cek Fakta] Jokowi Keluarkan Keppres untuk Kemenangan Gibran dan Bobby di Pilkada? Ini Faktanya
 
Dilansir Republika.co.id, Jokowi menegaskan pemimpin daerah merupakan hasil dari pilihan rakyatnya. Sehingga jika memang tak dikehendaki, keduanya nanti tak akan terpilih.
 
"Jadi sekali lagi tidak ada namanya, pilihan rakyat siapapun kalau nggak dikehendaki rakyat ya nggak akan jadi... Ini kompetisi, pertandingan, bisa menang bisa kalah. Dan saya enggak akan kampanye," kata Jokowi.
 

[Cek Fakta] Jokowi Keluarkan Keppres untuk Kemenangan Gibran dan Bobby di Pilkada? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa Presiden Joko Widodo akan mengeluarkan Keppres untuk memenangkan anaknya Gibran Rakabuming Raka dan menantunya Bobby Nasution di Pilkada 2020 adalah salah. Faktanya, tidak ada informasi valid dari media arus utama terkait hal itu.
 
Informasi ini jenis hoaks Fabricated Content (konten palsu). Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100 persen tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain.
 

Referensi:
1.https://news.detik.com/berita/d-4863230/jokowi-tepis-dinasti-politik-soal-gibran-bobby-cari-partai-saja-susah
2.https://republika.co.id/berita/q497k6382/jokowi-bantah-keluarganya-bangun-dinasti-politik
3.https://archive.md/qJNhQ

 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id

 
(WHS)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif