Tangkapan layar berita palsu. Foto: Facebook
Tangkapan layar berita palsu. Foto: Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Foto Presiden Joko Widodo Ambil Gaji Bulanan ke Bos China? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Whisnu Mardiansyah • 01 Agustus 2020 17:22
Beredar sebuah foto Presiden Joko Widodo beserta istri Iriana Joko Widodo tengah berdiri di hadapan seorang wanita berparas Asia Timur yang tengah duduk. Foto itu dinarasikan Presiden tengah mengambil gaji bulanan ke bos Tiongkok.
 
Akun Facebook atas nama Dan Fikri membagikan foto ini pada 1 Agustus 2020. Dalam unggahannya ia turut memberikan narasi.

"Ini presiden kita. Presiden rakyat indonesia. Bkn cm presd cebong dungu. ????????????????"


 
[Cek Fakta] Foto Presiden Joko Widodo Ambil Gaji Bulanan ke Bos China? Ini Faktanya

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom.id, klaim foto Presiden Joko Widodo tengah mengambil gaji ke bos Tiongkok adalah salah. Faktanya, foto itu adalah momen ketika Presiden Joko Widodo menyambut kedatangan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe bersama istrinya Akie Abe di Istana Bogor pada 15 Januari 2017 lalu. Dari penelusuran kami, foto tersebut diunggah di situs resmi setkab.go.id. Kedatangan PM Jepang Shinzo Abe ke tanah air membicarakan kerjasama strategis di berbagai bidang terutama di bidang ekonomi, seperti perdagangan dan investasi.
 
Presiden meyakini dalam pertemuan bilateral ini, Indonesia-Jepang akan membahas berbagai macam kerja sama yang menguntungkan kedua negara.
 
“Pertemuan bilateral ini penting artinya di tengah berbagai perkembangan baru dunia,” kata Presiden Jokowi.
 
Sebelumnya, mengawali pertemuan, Presiden Jokowi mengaku merasa senang dapat bertemu kembali dengan PM Jepang Shinzo Abe untuk yang ke-6 kalinya dalam kurun waktu kurang dari dua tahun. Kunjungan PM Shinzo Abe merupakan kunjungan kenegaraan pertama yang diterima Presiden Jokowi di tahun 2017 saat itu.
 
Presiden Jokowi juga mengatakan, sebelum pertemuan bilateral ia dan PM Abe telah melakukan veranda talk membahas mengenai situasi baru dunia.
 

[Cek Fakta] Foto Presiden Joko Widodo Ambil Gaji Bulanan ke Bos China? Ini Faktanya
 
Dilansir Medcom.id, kedatangan PM Jepang disambut dengan arak-arakan dari pintu gerbang Istana Kepresidenan Bogor. Setidaknya terlihat 12 pasukan berkuda dan rombongan penyambutan yang didominasi anak-anak mengenakan pakaian daerah dari 34 provinsi di Indonesia. Mereka terlihat memegang bendera Indonesia dan Jepang, dan mengibarkannya.
 
Abe dan istri disambut Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Widodo di beranda depan Istana Kepresidenan. Keduanya terlihat mengobrol dan bertukar sapa sejenak. Presiden Jokowi dan PM Abe pun melewati rangkaian upacara resmi. 19 dentuman meriam terdengar untuk menyambut PM Abe.
 
Selepas itu, Presiden Jokowi mendampingi PM Abe bertemu dengan menteri Kabinet Kerja. Jokowi terlihat memperkenalkan satu per satu setiap menteri yang telah mengambil posisi di dekat pintu Istana.
 

[Cek Fakta] Foto Presiden Joko Widodo Ambil Gaji Bulanan ke Bos China? Ini Faktanya
 
Kesimpulan:
Klaim foto Presiden Joko Widodo tengah mengambil gaji ke bos Tiongkok adalah salah. Faktanya, foto itu adalah momen ketika Presiden Joko Widodo menyambut kedatangan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe bersama istrinya Akie Abe di Istana Bogor pada 15 Januari 2017 lalu.
 
Informasi ini jenis hoaks False context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
[Cek Fakta] Foto Presiden Joko Widodo Ambil Gaji Bulanan ke Bos China? Ini Faktanya
Referensi:
1.https://www.medcom.id/nasional/politik/JKRRORpK-presiden-jokowi-sambut-pm-abe-di-istana-bogor
2.https://setkab.go.id/presiden-jokowi-jepang-mitra-strategis-indonesia-di-berbagai-bidang/
3.https://archive.md/786VK

 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id
 

 

(WHS)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif