Tangkapan layar pemberitaan keliru di media sosial. Foto: Instagram
Tangkapan layar pemberitaan keliru di media sosial. Foto: Instagram

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Video Pria Disuntik Jarum Kosong saat Vaksinasi Covid-19? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Wanda Indana • 27 Mei 2021 12:12
Beredar sebuah video yang memperlihatkan seorang pria tengah disuntik vaksin covid-19. Pada video itu terlihat vaksinator hanya menancapkan jarum suntik ke lengan kanan pria itu, namun vial vaksin tidak diinjeksikan.
 
Video itu banyak beredar di berbagai platform media sosial. Akun Instagram @infobanglibali turut membagikan video itu pada 23 Mei 2021. Pada unggahanyanya, akun menambahkan caption, sebagai berikut:

"Minta pendapat ton kopid bahaya gk ton ??"


Benarkah video yang beredar memperlihatkan seorang pria mendapatkan suntikan dari vial vaksin covid-19 yang kosong terjadi di Indonesia? Berikut cek faktanya.
 

[Cek Fakta] Video Pria Disuntik Jarum Kosong saat Vaksinasi Covid-19? Ini Faktanya

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, video yang memperlihatkan seorang pria mendapatkan suntikan dari vial vaksin covid-19 yang kosong terjadi di Indonesia adalah salah. Faktanya, peristiwa dalam video yang beredar terjadi di Ekuador. Dilansir AFP Hong Hong, video tersebut sebenarnya menunjukkan upaya vaksinasi yang gagal di Ekuador. Pencarian kata kunci di situs peramban Google menemukan artikel ini diterbitkan oleh surat kabar Ekuador El Universo pada 25 April 2021 terkait video tersebut.
 
Artikel berbahasa Spanyol tersebut menjelaskan video yang direkam oleh seorang pria lanjut usia itu datang pada Minggu ini (25 April) untuk mendapatkan vaksinasi di lapangan terbuka Mucho Lote, di utara Guayaquil, disiarkan di jejaring sosial dalam beberapa menit , karena di rekaman itu Anda dapat melihat bagaimana seorang perawat memakukannya dengan jarum di lengan kanan dan kemudian mencabutnya tanpa menyuntikkan vaksin.
 
Kementerian Kesehatan Masyarakat Ekuador menerbitkan pernyataan tentang masalah yang sama dalam tweet 25 April.
 
"Mengingat apa yang terjadi hari ini di titik vaksinasi #MuchoLote, kami memberi tahu publik bahwa profesional kesehatan telah diidentifikasi dan akan diselidiki oleh otoritas terkait," bunyi keterangan tweet itu.
 
Masihd ari sumber yang sama, pria dalam video tersebut akhirnya divaksinasi.
 
Kementerian mengeluarkan pernyataan lain pada hari yang sama, mengumumkan bahwa kasus tersebut telah dirujuk ke Jaksa Agung Negara Bagian di provinsi Guayas untuk penyelidikan. Postingan yang sama juga dibantah oleh organisasi pemeriksa fakta Taiwan, MyGoPen.
 

[Cek Fakta] Video Pria Disuntik Jarum Kosong saat Vaksinasi Covid-19? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
video yang memperlihatkan seorang pria mendapatkan suntikan dari vial vaksin covid-19 yang kosong terjadi di Indonesia adalah salah. Faktanya, peristiwa dalam video yang beredar terjadi di Ekuador.
 
Informasi ini jenis hoaks false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
 

[Cek Fakta] Video Pria Disuntik Jarum Kosong saat Vaksinasi Covid-19? Ini Faktanya
 

Referensi:
https://factcheck.afp.com/video-shows-failed-covid-19-vaccination-attempt-ecuador-not-india
https://archive.md/pt2QS
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 

 

 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif