Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Seorang Wanita Terancam 25 Tahun Penjara karena Bunuh Pelaku Pemerkosaan? Cek Faktanya

Medcom Files pemerkosaan hoax Cek Fakta kabar hoaks
Wanda Indana • 03 Mei 2022 20:41
Beredar kabar yang menyebutkan seorang wanita terancam dihukum 25 tahun penjara karena membunuh pelaku pemerkosaan. Kabar itu beredar di media sosial.
 
Akun FacebookWulan Dari Ulaturut membagikan kabar itu pada Kamis, 28 April 2022. Akun itu mengunggah tautan link artikel berjudul sebagai berikut:

"Perempuan Bela Diri Bunuh Pria yang Mau Memperkosa Dirinya Malah Terancam 25 Tahun Penjara"


Pada foto sampul artikel, terlihat seorang wanita mengenakan baju tahanan orange, sembari dikawal dua orang petugas kepolisian.
 
Benarkah? Berikut cek faktanya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

[Cek Fakta] Seorang Wanita Terancam 25 Tahun Penjara karena Bunuh Pelaku Pemerkosaan? Cek Faktanya
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim pada tautan link artikel yang beredar bahwa seorang wanita terancam dihukum 25 tahun penjara karena membunuh pelaku pemerkosaan adalah salah. Faktanya,wanita dalam foto yang beredar merupakan otak dari kasus perampokan di Jember, Jawa Timur.
 
Melalui reverse image, foto wanita yang menggunakan baju tahanan berwarna oranye tersebut identik dengan foto artikel yang dimuat berjudul jpnn.com pada artikel berjudul "Lihat, Gadis Cantik Ini Pelaku Kasus Pembunuhan Sadis".Artikel itu dimuat pada 14 Agustus 2016.
 
Merujuk artikel tersebut dijelaskan bahwaSatuan Reserse Kriminal Polres melakukan rekonstruksi kasus perampokan sadis yang berujung dengan tewasnya Fauzi, warga Desa Curah Cabe, Kecamatan Bangsalsari, Jember.
 
Rekonstruksi digelar di lokasi kejadian yakni di pinggir sungai sepi, Desa Pucukan, Jember. Ratusan warga memadati lokasi rekonstruksi. Mereka penasaran dengan para pelaku yang merampas motor korban, dan tega menghilangkan nyawanya.
 
Dua dari empat tersangka dalam kasus ini adalah wanita cantik, yakni Kholifah, warga Desa Klatakan serta Shinta, warga Kecamatan Jatiroto, Lumajang. Hasil pemeriksaan polisi, kedua wanita ini bahkan diketahui sebagai otak kejahatan yang merencanakan perampokan dengan menyuruh dua eksekutor, yakni Nurhadi dan Didik, warga Jatiroto, Lumajang
 

[Cek Fakta] Seorang Wanita Terancam 25 Tahun Penjara karena Bunuh Pelaku Pemerkosaan? Cek Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim pada tautan link artikel yang beredar bahwa seorang wanita terancam dihukum 25 tahun penjara karena membunuh pelaku pemerkosaan adalah salah. Faktanya,wanita dalam foto yang beredar merupakan otak dari kasus perampokan di Jember, Jawa Timur.
 
Informasi ini jenis hoaks false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
 

[Cek Fakta] Seorang Wanita Terancam 25 Tahun Penjara karena Bunuh Pelaku Pemerkosaan? Cek Faktanya
 

Referensi:
https://www.jpnn.com/news/lihat-gadis-cantik-ini-pelaku-kasus-pembunuhan-sadis
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 
Kami saat ini mengadakan survei/kuesionerbertujuan memahami perilaku dan preferensi audiens terkait konten cek fakta dari media/pers di Indonesia. Anda bisa mengisi survei melalui tautan link di bawah ini. Data Anda akan dijamin kerahasiaannya dan hanya akan digunakan guna keperluan penelitian.
 
Link survei:https://tinyurl.com/survei-audiens-cekfakta

 


 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif