Tangkapan layar informasi yang beredar di WhatsApp
Tangkapan layar informasi yang beredar di WhatsApp

Fakta atau Hoaks

[Cek Fakta] Pemerintah Mau Paksakan Vaksin Booster untuk Publik? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
M Rodhi Aulia • 02 Desember 2021 17:03
Beredar sebuah narasi bahwa Pemerintah RI mau memaksakan pemberian suntikan vaksin dosis ke-3 atau booster untuk publik. Narasi ini beredar di WhatsApp, baru-baru ini.
 
Berikut narasinya:


"RE: Pak Presiden dan Pak Menteri PCR, Don't Kill My Friends and My Family Members With Mandated Vaccines...!!!
 
Kenapa pemerintah NKRI mau memaksakan suntikan vaksin booster dosis ke #3 kepada publik, sedangkan Food and Drug Administration (FDA) USA sudah menolak suntikan Pfizer booster dosis ke #3 di AMERIKA karena meningkatkan potensi dan mengakibatkan infeksi berat pada hati (Severe Heart Infections), Heart Failure and Deaths...!!!."

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
[Cek Fakta] Pemerintah Mau Paksakan Vaksin Booster untuk Publik? Ini Faktanya
Benarkah demikian?
 

Penelusuran:
Dari penelusuran kami, klaim bahwa Pemerintah RI mau memaksakan pemberian suntikan vaksin dosis ke-3 atau booster untuk publik, adalah salah. Faktanya, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan telah memberikan klarifikasi.
 
Menurut Kementerian Kesehatan, pemberian booster untuk publik belum diperlukan. Pemerintah masih fokus menuntaskan pemberian vaksin dosis ke-2 hingga mencapai target.


"Vaksinasi booster sampai saat ini (1 Desember 2021) belum diperlukan," kata juru bicara vaksinasi Covid-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmizi seperti dimuat Medcom.id, Rabu 1 Desember 2021.


 
[Cek Fakta] Pemerintah Mau Paksakan Vaksin Booster untuk Publik? Ini Faktanya
 

Nadia menyoroti fenomena gelombang ketiga kasus Covid-19 di sejumlah negara. Penyebab gelombang itu kemungkinan karena terdapat sejumlah sasaran atau warga yang belum divaksinasi di negara tersebut.


"Itu yang menjadi celah atau peluang virus tadi menular dan berkembang di masyarakat," papar dia.


Setidaknya hingga Kamis 2 Desember 2021, sebanyak 239 juta dosis telah diberikan kepada penduduk di Indonesia. Sebanyak 35,40 persen dari total sasaran vaksinasi telah diberikan dua dosis vaksin alias lengkap. Tentu angka ini masih jauh dari target vaksinasi di Indonesia.
 

[Cek Fakta] Pemerintah Mau Paksakan Vaksin Booster untuk Publik? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa Pemerintah RI mau memaksakan pemberian suntikan vaksin dosis ke-3 atau booster untuk publik, adalah salah. Faktanya, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan telah memberikan klarifikasi.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.
 

[Cek Fakta] Pemerintah Mau Paksakan Vaksin Booster untuk Publik? Ini Faktanya
 

Referensi:
https://covidvax.live/location/idn
https://www.medcom.id/nasional/peristiwa/ObzV1d1b-kemenkes-vaksinasi-booster-bagi-publik-belum-diperlukan
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 

 
(DHI)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif