Tangkapan layar informasi palsu di media sosial
Tangkapan layar informasi palsu di media sosial

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Tiba-tiba Megawati Mundur dari Jabatan Ketua Umum PDIP? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
M Rodhi Aulia • 07 Juli 2020 14:18
Beredar sebuah video pemberitaan berlogo TV One terkait Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri. Video ini beredar di media sosial.
 
Adalah akun facebook Komunitas Sosial yang turut mengunggah video tersebut, Minggu 5 Juli 2020. Akun ini membuat narasi bahwa video itu terkait sikap Megawati yang secara mendadak mengundurkan diri dari jabatan ketua umum PDIP.
 
Berikut narasi selengkapnya:

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
"Disaat_umat_ISLAM_lagi_gencar_menyerang_Moncong_Putih,_tiba-tiba_Megawati_mengundurkan_diri_dari_Ketua_Umum_PDIP...
Ada ya dengan mbak mega...."

Unggahan ini ramai direspons warganet. Terdiri dari 3.100 emotikon, 2.600 komentar dan 306 ribu kali tayang.
[Cek Fakta] Tiba-tiba Megawati Mundur dari Jabatan Ketua Umum PDIP? Ini Faktanya
 

Penelusuran:
Dari penelusuran kami, klaim bahwa video pemberitaan itu terkait pengunduran Megawati Soekarnoputri dari jabatan Ketua Umum (Ketum) PDI Perjuangan (PDIP) baru-baru ini, adalah salah. Faktanya, video itu merupakan pemberitaan lama.
 
Video itu berasal dari salah satu program TV One. Video itu juga diunggah akun Youtube tvOneNews pada Jumat 16 November 2018.
 
Dalam pemberitaan, tidak disebutkan bahwa Megawati resmi mengundurkan diri dari jabatan Ketum PDIP. Namun diberitakan Megawati berkeinginan mundur dari posisinya sebagai Ketum PDIP lantaran persoalan usia.
 
"Kalau dilihat-lihat, perjalanan politik saya sudah cukup lama. Saya menjadi ketua umum partai dan sekarang paling senior. Sudah sekian lama belum diganti-ganti, padahal saya sudah berharap untuk diganti karena akibat umur saya yang +17, tapi hari ini pun malah ditambahi tugas untuk pembinaan ideologi Pancasila," kata Megawati seperti yang tampak pada video.
 

[Cek Fakta] Tiba-tiba Megawati Mundur dari Jabatan Ketua Umum PDIP? Ini Faktanya
 

Namun hingga kini, Megawati masih menjabat sebagai Ketum PDIP periode 2019-2024. Ia terpilih secara aklamasi dan dikukuhkan dalam Kongres V PDIP di Bali pada awal Agustus 2019.
 
Pengukuhan Megawati sebagai ketum PDIP dilakukan secara tertutup. Padahal, agenda tersebut mulanya direncanakan terbuka bagi umum. Megawati pun sempat meminta maaf.
 
"Sekali lagi saya mohon maaf ini tak ada maksud tertentu. Hanya karena mungkin peserta rapel dari pagi sampai malam sehingga tentu masih ada rasa lelah. Demikian," kata Megawati seperti dilansir Medcom.id, Kamis 8 Agustus 2019.
 

[Cek Fakta] Tiba-tiba Megawati Mundur dari Jabatan Ketua Umum PDIP? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa video pemberitaan itu terkait pengunduran Megawati Soekarnoputri dari jabatan Ketua Umum (Ketum) PDI Perjuangan (PDIP) baru-baru ini, adalah salah. Faktanya, video itu merupakan pemberitaan lama.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
 

Referensi:
https://www.youtube.com/watch?v=kE47vIN2vd4
https://www.medcom.id/nasional/politik/0k8D4M2k-megawati-resmi-kembali-memimpin-pdip
https://archive.today/5teOM
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id
 


 
(DHI)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif