Ilustrasi: Cnet
Ilustrasi: Cnet

Begini Cara Tingkatkan Akurasi GPS di Smartphone

Teknologi teknologi google tips dan trik teknologi
Cahyandaru Kuncorojati • 04 Desember 2019 08:33
Jakarta:Peta atau navigasi di smartphone digunakan oleh banyak aplikasi, dari Google Maps sampai GoJek dan Grab. Teknologi ini mengandalkan sensor GPS di perangkat yang terhubung ke smartphone.
 
Apabila performa GPS tidak akurat, Anda akan menemukan posisi di aplikasi maupun peta akan salah atau telat saat digunakan sambil bergerak. Bukan berarti smartphone buruk, Anda hanya perlu memperbarui lokasinya.
 
Caranya, dengan melakukan kalibrasi ulang. Jadi sensor GPS akan kembali melakukan pengecekan lokasinya berada. Meskipun sensor ini selalu aktif kadang dibutuhkan pengguna untuk melakukan kalibrasi ulang agar akurasi lokasi terbaca dengan akurat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berikut ini Medcom.idmenjelaskan cara meningkatkan akurasi dari sensor GPS di smartphone Anda. Langkah ini dilakukan dengan mengandalkan aplikasi navigasi Google Maps.
 
Pertama, masuk ke aplikasi Google Maps. Di dalamnya posisi Anda akan ditandai dengan titik berwarna biru di tengah tampilan layar. Diketahui bahwa titik posisi Anda tersebut sebetulnya menyimpan menu yang akan muncul saat Anda menekan titik biru tersebut.
 
Begini Cara Tingkatkan Akurasi GPS di Smartphone
 
Nantinya akan muncul beberapa opsi menu. Kini perhatikan opsi di bagian bawah. Anda akan menemukan opsi "calibrate compass". Pilih opsi tersebut untuk melakukan kalibrasi sensor GPS atau kompas di smartphone.
 
Begini Cara Tingkatkan Akurasi GPS di Smartphone
 
Cara ini belum selesai. Opsi tadi kemudian akan memberikan panduan kepada Anda untuk membantu meningkatkan akurasi sensor GPS. Muncul sebuah kotak dialog yang memberikan gambar demonstrasi untuk Anda menggerakan smartphone di genggaman.
 
Begini Cara Tingkatkan Akurasi GPS di Smartphone
 
Mudahnya, genggaman dan ayunkan smartphone digenggaman seperti sedang bermain menerbangkan sebuah pesawat. Apabila kalibrasi sudah selesai, informasi tingkat akurasi yang awalnya Low atau rendah akan berubah menjadi Good.
 
Jangan lupa sebelum melakukan hal ini, fitur GPS atau Locationdi smartphone harus dalam kondisi aktif. Umunya fitur ini akan dinonaktifkan pengguna saat masuk dalam mode hemat baterai.
 
Medcom.id menyarankan cara kalibrasi sensor GPS dilakukan setiap Anda melakukan perjalanan jauh. Hal ini bisa membantu Google Maps bekerja lebih cepat melakukan pencarian saat dibutuhkan.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif