Twitter memiliki tujuh fitur yang dapat dimanfaatkan untuk memulai percakapan.
Twitter memiliki tujuh fitur yang dapat dimanfaatkan untuk memulai percakapan.

Ini 7 Cara Memulai Percakapan di Twitter

Teknologi media sosial teknologi twitter tips dan trik teknologi
Lufthi Anggraeni • 03 Desember 2019 18:10
Jakarta: Twitter bukan lagi jejaring sosial baru di kalangan masyarakat, termasuk masyarakat Indonesia. Sebab, jejaring sosial ini kerap dimanfaatkan pengguna untuk berbagi dan mencari informasi, serta bercerita.
 
Pembagian informasi yang kerap terjadi secara langsung atau real-time ini juga menjadikan Twitter sebagai salah satu platform utama yang dituju masyarakat saat ingin mengetahui informasi soal peristiwa tertentu.
 
Tapi tahukah Anda, bahwa Twitter memiliki tujuh fitur yang dapat dimanfaatkan untuk memulai percakapan? Ketujuh fitur tersebut termasuk Utas atau Thread, Jajak Pendapat atau Twitter Poll, Tagar atau Hashtag, Retweet dengan Komentar atau Retweet with Comment, Daftar Twitter atau Twitter List, Topik atau Topics dan Balasan yang Disembunyikan atau Hide Reply.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ketujuh fitur ini diklaim Twitter dihadirkannya guna memungkinkan pengguna menikmati percakapan dengan audiens, namun dalam bentuk percakapan di linimasa atau timeline yang positif dan sehat.
 
Fitur Utas atau Thread di Twitter dapat digunakan untuk menciptakan rangkaian cuitan yang saling berhubungan. Melalui fitur ini, pengguna berkesempatan untuk memberikan konteks tambahan, update terkini serta poin-poin tambahan lainnya yang terkait dengan cuitan awalnya secara bersamaan.
 
Sedangkan Fitur jajak pendapat memungkinkan pengguna untuk mengajukan pertanyaan spesifik kepada audiens, dan mengajak pengikut berpartisipasi dalam percakapan tersebut. Fitur ini telah mempermudah cara pengguna Twitter seperti brands, komunitas, institusi pemerintahan dan media dalam berkomunikasi.
 
Sebab melalui fitur ini, pengguna tidak perlu lagi menyeleksi serangkaian pendapat berbeda untuk mengetahui preferensi audiens mereka terkait topik atau isu. Sementara itu, fitur tagar memungkinkan pengguna untuk terhubung dengan berbagai komunitas dan berbagi informasi dengan jutaan orang lainnya.
 
Pengguna Twitter di Indonesia menggunakan tagar untuk memancing, mengelompokkan percakapan, berbagi keseruan serta mempopulerkan suatu isu atau momen. Fitur ini dapat digunakan untuk mempromosikan inisiatif merek, mengedukasi publik soal isu sosial dan kesadaran lingkungan, dan lainnya.
 
Untuk fitur Retweet with comment, pengguna dapat mengutip cuitan pengguna lain dengan menambahkan pendapat atau catatan khusus pada cuitan tersebut. Fitur ini memudahkan pengguna dalam membuat referensi sehingga audiens lebih mudah untuk mencari cuitan yang sedang dibicarakan.
 
Dan dengan Twitter List, pengguna dapat membuat daftar berisi sekelompok akun Twitter yang paling digemari untuk diikuti. Dengan upgrade terbarunya, daftar tersebut sudah bisa dipublikasi atau disematkan di linimasa pengguna.
 
Untuk Topics, fitur Twitter yang memungkinkan pengguna untuk selalu terhubung dengan apa yang terjadi saat ini. Pengguna dapat mengikuti percakapan yang sesuai dengan topik yang diminati seperti olahraga, games, belanja, serial TV, film, hingga kecantikan, hanya dengan satu ketukan.
 
Sementara itu, Hide Reply menjadi salah satu upaya Twitter mengubah cara percakapan terjadi di platform karyanya, sehingga dapat menghadirkan kenyamanan untuk penggunanya.
 
Fitur ini diharapkan dapat memberikan kendali lebih baik bagi inisiator percakapan, sehingga Twitter diharapkan dapat menjadi ruang diskusi yang sehat bagi seluruh pengguna.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif