Ilustrasi.
Ilustrasi.

Begini Cara Aktifkan Roaming di Ponsel

Teknologi tips dan trik teknologi
Cahyandaru Kuncorojati • 15 April 2019 18:50
Jakarta: Apakah Anda akan bepergian ke luar negeri dan ini perjalan pertama Anda? Selamat, tapi Anda harus menyiapkan tidak hanya pakaian dan mata uang asing negara tujuan. Anda juga harus siapkan ponsel pintar untuk menggunakan fitur roaming.
 
Istilah roaming identik dengan layanan yang akan disediakan oleh operator seluler untuk kebutuhan ke luar negeri. Roaming memungkinkan layanan data dan telekomunikasi kartu SIM operator Tanah Air bisa digunakan di negara tujuan.
 
Biasanya, operator seluler akan menyediakan pilihan paket roaming yang bisa dibeli. Pilihannya mulai dari untuk perjalanan biasa ke luar negeri dengan durasi tertentu hingga paket perjanan haji atau umroh.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Layanan roaming ini digunakan untuk pengguna yang tidak mau repot harus beli kartu SIM yang berlaku di negara tujuan atau menyewa pocket MiFi saat tiba di sana.
 
Namun, membeli paket layanan roaming dari operator seluler sebelum berangkat saja tidak cukup. Fitur roaming juga harus diaktifkan di ponsel pintar. Berikut Medcom.id berikan cara mengaktfikan roaming di smartphone.
 
Langkah ini dilakukan Medcom.id menggunakan smartphone Huawei P20 Pro dengan sistem operasi Android 9.0 Pie. Pertama adalah dengan mengakses konfigurasi Wireless & Networks di halaman Settings atau pengaturan.
 
Begini Cara Aktifkan Roaming di Ponsel
 
Setelah Anda masuk ke pilihan Wireless & Network, langkah kedua adalah masuk ke pilihan Mobile Network untuk melakukan konfigurasi kartu SIM yang terpasang di ponsel. Setelah masuk nantinya setiap SIM yang terpasang (SIM 1/SIM 2) akan memiliki fitur bernama Data Roaming.
 
Fitur Data Roaming memungkinkan layanan data atau internet kartu SIM Anda bisa dipakai di luar negeri apabila sudah membeli paket layanan dari operator secara otomatis. Jadi langkah ketiga adalah aktifkan fitur ini sebelum melakukan penerbangan.
 
Anda kemudian bisa melakukan restart ponsel setelahnya atau saat baru tiba di negara tujuan. Apabila SIM tetap menunjukkan belum menangkap sinyal di negara tujuan, mungkin saja ponsel Anda juga harus melakukan cara manual.
 
Langkah keempat yaitu cara manual dengan memilih menu Carrier. Menu ini menyediakan fitur untuk memilih jaringan operator yang diinginkan dan tertangkap oleh ponsel.
 
Sebelumnya Anda bisa mencari tahu informasi nama jaringan operator luar yang bekerja sama dengan operator dari kartu SIM yang Anda gunakan di negara yang dituju. Saat tiba disana, Anda bisa memilih menu ini dan mencari nama operator tersebut. Ada baiknya juga mengaktifkan layanan roaming sebelum pergi ke negara tujuan.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif