Tips & Trik

Sembunyikan Foto Unduhan WhatsApp dari Galeri, Caranya?

Cahyandaru Kuncorojati 16 April 2018 10:11 WIB
tips dan trik teknologi
Sembunyikan Foto Unduhan WhatsApp dari Galeri, Caranya?
Aplikasi WhatsApp.
Jakarta: WhatsApp menjadi salah satu aplikasi pengirim paling populer di Indonesia, di dalamnya pengguna juga bisa berbagi beragam konten misalnya foto menjadi konten yang paling sering dibagikan.

Kadang ada momen Anda meminjamkan sebentar atau membiarkan rekan Anda menggunakan smartphone. Namun, ada rasa cemas bahwa mereka akan mencoba mengakses galeri foto yang ada, salah satunya folder galeri foto WhatsApp.

Medcom.id menemukan trik mudah untuk menyembunyikan folder foto unduhan dari percakapan WhatsApp agar tidak tampil di galeri dan dengan mudah dilihat oleh orang lain. Caranya adalah dengan mengubah nama folder WhatsApp Images yang menyimpan foto-foto unduhan dari WhatsApp.


Jadi nanti folder tersebut tidak akan terbaca di galeri dan harus membuka file manager atau mengecek secara manual ke folder gambar di file manager untuk melihatnya.

1. Akses ke file /folder manager di ponsel
Sebelum melakukan langkah ini, maka Anda harus meihat terlebih dahulu apakah folder foto unduhan WhatsApp masih ada di galeri ponsel. Kini Anda harus membuka aplikasi file/folder manager yang selalu ada di semua ponsel.

Setelah Anda membuka aplikasi file/folder manager pilih tab bagian local file/folder sehingga Anda akan disajikan seluruh file/folder yang tersusun di dalam smartphone Anda. Pada pilihan local file/folder manager biasanya tersedia tampilan internal storage dan eksternal storage (apabila menggunakan MicroSD), pilih internal storage.



2. Cari file/folder WhatsApp
Setelah Anda berada di dalam file/folder internal storage kini Anda harus mencari folder yang digunakan aplikasi WhatsApp. Anda cukup menggeser layar ke bawah hingga menemukan deretan folder dengan hurf depan "S" pada namanya.

Setelah menemukan folder WhatsApp masuk ke dalam folder tersebut kemudian akan terdapat beberapa folder lagi, pilih folder bernama Media untuk menemukan file/folder yang berasal dari unduhan di aplikasi WhatsApp.

Setelah melakukannya, kini Anda harus mencari folder bernama WhatsApp Images yang berisi foto-foto dari aplikasi WhatsApp.



3. Mengganti nama folder WhatsApp Images
Kini saatnya melakukan trik yang kami buat, Anda harus mengganti nama folder WhatsApp Images menjadi .WhatsApp Images, menambahkan tanda titik di depannya.

Caranya, tekan folder tersebut hingga muncul opsi menu tambahan lalu pilih rename, kemudian ketik namanya menjadi .WhatsApp Images. Secara otomatis nantinya akan terdapat dua folder dimana folder bernama .WhatsApp Images akan berisi foto sedangkan folder yang awal akan menjadi kosong.

Di sini Anda bisa mengecek galeri foto smartphone dan menemukan bahwa folder WhatsApp Images tidak tampak lagi di galeri.



Untuk mengembalikkannya, Anda harus masuk kembali ke file/folder manager dan menghapus folder awal yang bernama WhatsApp Images lalu mengganti nama .WhatsApp Images menjadi hanya WhatsApp Images. Maka folder foto unduhan WhatsApp akan kembali muncul di galeri smartphone.



(MMI)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard: ASUS PRIME Z370-A, MSI X470 Gaming Plus
  • VGA: Colorful iGame GTX 1070 X-TOP-8G, ASUS Strix Vega 64
  • RAM: Apacer Panther RAGE 2400MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Apacer Panther AS340 240GB + Seagate Barracuda 8TB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Mouse: Logitech G903, Logitech G603
  • Keyboard: Logitech G610 Orion, Logitech G613
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.