Ilustrasi.
Ilustrasi.

Cara Bikin Password Kuat yang Mudah Diingat

Teknologi tips dan trik teknologi cyber security
Ellavie Ichlasa Amalia • 20 Februari 2019 13:46
Jakarta:Membuat password terkadang layaknya memakan buah simalakama. Jika Anda membuat password yang mudah diingat, itu akan membuat password Anda rentan untuk diretas.
 
Sementara jika Anda membuat password yang terlalu rumit, ada kemungkinan Anda justru akan melupakan password yang Anda gunakan.
 
Menurut para peneliti Kaspersky Lab, menggunakan satu password untuk banyak akun online akan memperbesar kemungkinan akun Anda diretas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Belakangan, ada banyak layanan yang sistemnya diretas, menyebabkan bocornya ratusan juta alamat email dan kata sandi yang bisa digunakan oleh para hacker untuk menebak kredensial korban.
 
Jika Anda menggunakan satu password untuk semua akun online Anda, sekali password Anda bocor ke internet, para hacker akan bisa meretas semua akun Anda menggunakan password itu. Karena itulah, idealnya, Anda memiliki password yang berbeda untuk masing-masing akun online Anda.
 
“Masih banyak yang menyalahartikan mengenai makna dari kata sandi yang kuat. Banyak situs sekarang menuntut kata sandi kompleks yang terdiri dari setidaknya delapan atau lebih huruf besar dan kecil, angka dan karakter khusus. Inilah yang kerap diartikan oleh banyak pengguna mengenai kata sandi 'kuat', dan itu bisa menjadi mimpi buruk," kata peneliti keamanan Kaspersky, David Jacoby.
 
Bagaimana cara untuk membuat password yang unik untuk masing-masing akun online dan pada saat yang sama mengingat semua password itu? Pertama, Anda bisa menentukan kata kunci utama yang tidak berubah. Untuk itu, Anda bisa melakukan ini:
 
1. Pilih frasa, lirik lagu, kutipan film, atau hal serupa yang berkesan untuk Anda
2. Ambil huruf pertama dari tiga sampai lima kata pertama
3. Tambahkan tanda khusus seperti @ atau # di tengah atau di akhir kata yang Anda gunakan
 
Mengingat masing-masing akun online -- seperti media sosial dan akun perbankan -- sebaiknya memiliki kata sandi berbeda. Anda bisa menambahkan kata yang Anda asosiasikan dengan layanan tertentu ke password utama Anda. Misalnya, menambahkan kata "biru" ke password untuk Facebook.
 
“Misalnya frasa yang Anda pikirkan adalah 'Twinkle Twinkle Little Star, How I Wonder What You Are,' dan karakter khusus yang ingin Anda gunakan adalah '#', maka kata sandi untuk Facebook Anda adalah sesuatu seperti: T#T#L#S#Hblue," kata Jacoby.
 
"Memang tidak masuk akal saat Anda melihatnya, atau jika seseorang memberikannya kepada Anda. Tetapi, karena sifatnya pribadi, Anda memahami sistem yang digunakan untuk menghasilkan kata sandi tersebut dan kaitannya dengan situs tersebut. Karena setiap akun sebaiknya memiliki password tersendiri, Anda bisa menambahkan kata tertentu pada kata kunci utama yang telah Anda tetapkan sebelumnya."
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif