Begini cara memperoleh penghasilan dari saluran YouTube.
Begini cara memperoleh penghasilan dari saluran YouTube.

Tips & Trik

6 Cara Dapat Uang dari YouTube

Teknologi youtube teknologi tips dan trik teknologi
Lufthi Anggraeni • 29 Juni 2020 16:05
Jakarta: Selama hampir 10 tahun tahun terakhir, YouTube telah menjadi mata pencaharian baru, juga ranah potensial menyoal bisnis. Hal ini dibuktikan oleh sejumlah penggiat YouTube, atau dikenal sebagai YouTuber yang telah menghasilkan pundi uang dalam jumlah besar dari platform video ini.
 
Penghasilan besar dengan waktu kerja fleksibel, mungkin bagi sejumlah orang tidak terkesan sebagai bekerja, menjadi alasan menggiurkan bagi banyak masyarakat, terutama kaum milenial, untuk terjun ke ranah ini.
 
Namun, ada sejumlah langkah yang perlu Anda lakukan terlebih dahulu sebelum dapat menikmati penghasilan dari platform yang kini telah dinaungi oleh Google tersebut. Berikut kami rangkumkan langkah-langkahnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


1. Mengaktifkan fitur monetisasi pada Saluran YouTube
Untuk mengaktifkan monetisasi saluran, Anda perlu mengakses akun YouTube, dan memilih opsi Account Information di sebelah kanan atas. Setelahnya, klik Creator Studio, kemudian di menu sebelah kiri klik Channel dan Status and Features, dan pilih Enable Monetisation dan setujui perizinan yang muncul.
 
2. Bergabung di YPP
YouTube Partner Program (YPP) memungkinkan kreator untuk memonetisasi konten di YouTube. Namun, tidak semua channel bisa bergabung dengan program ini, sebab untuk bergabung dengan YPP, saluran harus ditonton selama 4.000 jam dalam 12 bulan terakhir dan memiliki 1.000 subscriber.
 
Selain itu, kalian juga harus memastikan hanya memiliki satu akun Google AdSense. Daftarkan akun AdSense kalian saat mendaftarkan kanal di YPP.
 
3. Mendapatkan uang dari Iklan
Kreator sekaligus anggota YPP dapat memanfaatkan alat yang tersedia di YouTube dan bisnis telah dapat memasang iklan pada konten, sehingga telah dapat memperoleh penghasilan dari YouTube. Namun, agar video kalian bisa dipasangi iklan, Anda perlu memastikan video telah sesuai dengan ketentuan YouTube terkait konten ramah pengiklan.
 
4. Lakukan Conversion Rate ke Product Page
Bagi pelaku bisnis, YouTube juga dapat menjadi medium untuk soft promosi, dengan mencantumkan tautan product di kolom deskripsi video. Anda juga dapat membuat konten review terkait keunggulan produk yang dipasarkan.
 
5. Rak Merchandise
Rak merchandise memungkinkan Anda menjual aksesori resmi terkait dengan merek dan saluran YouTube. Namun untuk mengaktifkan fitur ini dan mendapatkan uang dari YouTube, Anda harus berusia 18 tahun dan memiliki lebih dari 10.000 pengikut atau subscriber. Untuk mengaktifkan fitur ini, masuk ke YouTube Studio, klik Monetization dan klik tab Merchandise, namun opsi ini hanya tersedia untuk saluran yang memenuhi kriteria.
 
6. YouTube Premium
Cara lainnya yaitu dengan mendapatkan YouTube Premium Revenue, pendapatan dari opsi berlangganan yang disediakan YouTube. Untuk mengaktifkan fitur ini, Anda hanya perlu memastikan konten sesuai dengan panduan komunitas YouTube.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif