Sensor inframerah kini hadir dengan fungsi lain pada ponsel cerdas masa kini.
Sensor inframerah kini hadir dengan fungsi lain pada ponsel cerdas masa kini.

Apa Guna Inframerah di Ponsel?

Teknologi teknologi tips dan trik teknologi
Lufthi Anggraeni • 05 November 2018 18:55
Jakarta: Generasi muda atau dikenal sebagai generasi Z mungkin belum sempat mencicipi fungsi sensor inframerah pada ponsel sebagai alat transfer file seperti lagu atau foto antar perangkat. Pada tahun 2001 hingga 2007, sejumlah produsen ponsel berlomba menghadirkan perangkat dengan dukungan teknologi ini.
 
Untuk mengirimkan foto atau lagu, pengguna perlu meletakan ponsel dengan sensor berhadapan satu sama lain selama proses transfer berlangsung, dengan posisi yang tepat dan tidak terhalang oleh benda solid. Sebab, jarak terlalu jauh, posisi tidak tepat dan terhalang benda solid dapat membatalkan proses pengiriman.
 
Apa Guna Inframerah di Ponsel?

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk mengirim file, umumnya pengguna perangkat harus memilih file yang diinginkan dan menekan tombol pilihan dan memilih opsi mengirim via sensor. Kemudian, sensor saling didekatkan sehingga perangkat dapat memulai proses transfer file ke perangkat penerima.
 
Untuk fungsi ini, sejumlah produsen lebih memilih untuk membenamkan fitur Blueetooth pada perangkatnya. Sebab teknologi Bluetooth yang kini telah mencapai generasi kelima ini dinilai lebih stabil jika dibandingkan dengan sensor inframerah.
 
Selain itu, berbeda dengan sensor inframerah, teknologi Bluetooth tidak mengharuskan ponsel terletak dengan jarak sangat dekat. Meskipun demikian, sensor inframerah tidak serta menghilang dari ponsel cerdas modern yang saat ini dipasarkan.
 
Apa Guna Inframerah di Ponsel?
 
Sejumlah produsen kini menyematkan sensor inframerah ini dengan fungsi berbeda, yaitu sebagai alat pendukung aplikasi remote yang umumnya menjadi aplikasi bawaan di sejumlah smartphone.
 
Untuk memanfaatkannya, pengguna perlu mengakses aplikasi dan mengarahkan sensor inframerah di ponsel ke perangkat seperti AC, TV, dan lainnya.
 
Kemudian, pengguna hanya perlu mengikuti langkah panduan yang ditampilkan pada layar aplikasi, dan memastikan perangkat yang dimaksud menjalankan perintah yang diberikan oleh aplikasi. Sebelumnya, pengguna perlu menentukan tipe dan merek perangkat yang dimaksud terlebih dahulu.
 
Setelahnya, pengguna dapat menyimpan pengaturan remote kendali di ponsel. Tidak hanya satu, umumnya aplikasi remote juga memungkinkan pengguna menyimpan sejumlah pengaturan remote untuk lebih dari satu perangkat, seperti pengaturan untuk TV di ruang tamu, di kamar tidur, dan lainnya.
 
Pada ponsel cerdas modern, sejumlah produsen smartphone juga memanfaatkan sensor inframerah sebagai alat pendukung fitur keamanan smartphone. Umumnya, produsen smartphone memanfaatkan teknologi ini untuk mendeteksi wajah pada fitur keamanan guna membuka kunci layar ponsel.
 
Apa Guna Inframerah di Ponsel?
 
Untuk memanfaatkan kemampuan teknologi ini, pengguna perlu mendaftarkan wajah melalui pengaturan keamanan masing-masing ponsel dan menghadapkan wajah ke kamera depan, sehingga sensor dapat mendeteksi dan merekam sejumlah titik di wajah.
 
Kemudian, pengguna dapat menghadapkan wajah ke depan kamera depan setiap kali akan membuka kunci layar ponsel. Sensor inframerah digunakan dalam mendukung fitur keamanan sebab dinilai memiliki kemampuan untuk mendeteksi wajah dalam kondisi pencahayaan redup.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif