Begini cara menggunakan fitur AirDrop pada iPhone dan iPad.
Begini cara menggunakan fitur AirDrop pada iPhone dan iPad.

Ini Cara Gunakan AirDrop di iPhone dan iPad

Teknologi apple tips & trik
Lufthi Anggraeni • 20 April 2022 08:05
Jakarta: AirDrop merupakan salah satu fitur yang paling diminati pengguna perangkat karya Apple. Fitur ini kerap dimanfaatkan untuk mentransfer foto, video, dokumen atau file lain antar perangkat Apple, termasuk iPhone, iPad dan Macs.
 
Anda juga dapat memanfaatkan fitur ini untuk mengirimkan file dengan mudah kepada teman via AirDrops. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan fitur ini sebagai salah satu cara mentransfer file antar perangkat milik Anda.
 
Memanfaatkan fitur AirDrops tergolong sederhana, alih-alih mencoba berbagi file menggunakan Dropbox, Google Drive atau layanan penyimpanan cloud lain, fitur ini memungkinkan pengguna segara mentransfer file dari satu perangkat ke perangkat lain dalam waktu beberapa detik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dengan AirDrops, Apple menciptakan konektivitas Wi-Fi peer-to-peer antara dua perangkat dalam pertukaran AirDrops. Perangkat ini berkomunikasi secara langsung dan tidak perlu menggunakan koneksi internet yang sama.
 
Untuk menggunakan AirDrops, perangkat sebagai pengirim file harus berada di dekat perangkat penerima. Selain itu, kedua perangkat harus mengaktifkan fitur Wi-Fi dan Bluetooth, meski tidak harus menggunakan jaringan Wi-Fi yang sama.
 
Selain itu, fitur Personal Hotspot pada kedua perangkat harus dalam kondisi nonaktif. Kemudian, Anda dapat mengikuti langkah berikut untuk berbagi file dari dan ke perangkat Apple dengan menggunakan fitur AirDrop.
 
1. Saat berada di aplikasi apapun penyimpan file yang ingin dikirimkan via AirDrop, ketuk ikon Share.
2. Ketuk AirDrop. Jika perangkat yang Anda dan penerima gunakan merupakan iPhone 11 atau versi lebih baru, arahkan iPhone ke arah penerima untuk memprioritaskan mereka dalam daftar pengguna AirDrop di sekitar.
3. Namun jika menggunakan iPhone model lebih lama, Anda akan menemukan daftar dari penerima AirDrop potensial yang berada di sekitar perangkat Anda.
 
Ini Cara Gunakan AirDrop di iPhone dan iPad
 
4. Kontak yang dikenal akan muncul di baris People, dan Anda perlu memilih kontak yang diinginkan. Anda juga akan menemukan perangkat Apple milik Anda di baris Device, dan pengguna AirDrop di sekitar akan muncul di baris Other People.
5. Penerima akan menerima notifikasi dengan preview dari konten yang dibagikan. Kemudian, penerima akan dapat memilih untuk menerima atau menolak transfer file.
 
Apple juga memberikan Anda sejumlah opsi berbeda untuk membatasi kemudahan perangkat dijangkau dengan fitur AirDrop ini. Untuk membatasi jangkauan, pada perangkat bersistem operasi iOS atau iPadOS, akses Control Center dan tekan ikon Wi-Fi selama beberapa saat.
 
Kemudian pada menu selanjutnya, pilih AirDrop, dan Anda dapat memilih untuk menonaktifkan AirDrop sepenuhnya, membatasi hanya untuk kontak yang dikenal, atau membebaskan pengguna di sekitar untuk menemukan perangkat Anda di fitur ini.
 
Jika memilih opsi Contacts Only, Anda harus menyimpan alamat email Apple ID atau nomor ponsel pada informasi kontak mereka agar dapat muncul di AirDrop. Selamat mencoba!
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif