Ilustrasi. (CNET)
Ilustrasi. (CNET)

Tambah Koneksi Speaker di Smartphone, Caranya?

Teknologi android tips dan trik teknologi
Cahyandaru Kuncorojati • 10 Agustus 2019 09:10
Jakarta: Bluetooth masih menjadi fitur wajib di smartphone sekalipun di kelas premium. Banyak perangkat elektronik nirkabel yang masih mengandalkan koneksi Bluetooth karena cara ini lebih mudah dan tidak ribet dengan kabel perangkat lain yang mungkin kusut atau tergulung bahkan putus.
 
Faktor lain yang membuat koneksi Bluetooth masih dibutuhkan adalah karena beberapa smartphone memiliki desain yang tidak lagi menyediakan koneksi kabel selain dukungan kabel pengisian baterai atau transfer data.
 
Misalnya, smartphone yang menghilangkan lubang audio jack dan menyediakan headset wirelessatau perangkat audio lain seperti speaker Bluetooth.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun, banyak pengguna yang mungkin terbiasa atau mengetahui bahwa setiap smartphone hanya bisa melakukan koneksi Bluetooth hanya dengan satu perangkat. Pengguna harus memutuskan koneksi tadi atau unpair apabila ingin terhubung dengan perangkat lain.
 
Padahal, beberapa smartphone terbaru yang sudah mengadopsi sistem operasi Android 9.0 Pie bisa mendukung koneksi ke beberapa perangkat sekaligus dengan Bluetooth. Jadi Anda bisa menggunakan beberapa speaker Bluetooth sekaligus untuk kebutuhan memutar musik atau menyaksikan konten di smartphone bersama orang lain.
 
Fitur ini bisa diaktifkan dengan mudah tapi aksesnya memang disembunyikan. Berikut ini Medcom.id berhasil menggunakan fitur tersebut dengan membuka akses Developer di Huawei P20 Pro.
 
1. Mencari akses mode Developer di Android Pie
Pertama Anda masuk ke bagian Pengaturan atau Settings di smartphone. Cari opsi yang menampilkan informasi perangkat berisi build number smartphone Anda. Pada Huawei P20 Pro, build number bisa ditemukan pada halaman Abouts setelah masuk ke halangan System dari menu Settings.
 
Tambah Koneksi Speaker di Smartphone, Caranya?
 
2. Mengaktifkan akses mode Developer
Setelah menemukan build number perangkat Anda, ketuk jari Anda di bagian tersebut beberapa kali hingga di layar muncul notifikasi bahwa akses Developer sudah terbuka. Selanjutnya tugas Anda mencari lokasi dari halaman menu Developer.
 
Masih berkaitan dengan penjelasan sebelumnya. Kini Anda harus kembali ke halaman Pengaturan atau Settings. Pada smartphone Huawei P20 Pro, akses halaman Developer terdapat di halaman System yang diakses dari Settings. Geser halaman ke bawah maka Anda akan menemukan menu baru bernama Developer Options.
 
3. Menambahkan kemampuan Bluetooth
Masuk ke halamana Developer Options. Di dalamnya ada berbagai opsi menu dan fitur yang mungkin hanya akan dimengerti oleh mereka yang memahami sistem operasi Android.
 
Tambah Koneksi Speaker di Smartphone, Caranya?
 
Tidak perlu bingung, cukup geser halaman ke bawah hingga menemukan opsi "Maximum connected Bluetooth Audio Device" Pilih opsi tersebut dan akan muncul kotak dialog yang memperlihatkan berapa banyak perangkat audio berbasis Bluetooth yang bisa terhubung.
 
Setiap smartphone memiliki jumlah yang berbeda, ada yang bisa mencapai jumlah maksimal lima buah perangkat sekaligus. Medcom.id menemukan Huawei P20 Pro mendukung tiga buah perangkat. Setelah memilih jumlah yang diinginkan maka restart smartphone Anda sehingga opsi bisa aktif berfungsi.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif