Ilustrasi. (Droidlime)
Ilustrasi. (Droidlime)

Tips & Trik

Memilih Casing HP: Gaya, Perlindungan, atau Keduanya?

Teknologi teknologi tips dan trik teknologi
Cahyandaru Kuncorojati • 19 November 2020 16:29
Jakarta: Casing HP atau smartphonne kerap jadi aksesori wajib di dalam penjualan smartphone namun harus diakui gaya desainnya biasa saja bahkan cenderung mengurangi keindahan perangkat ini. Di sisi proteksi atau perlindungan juga tidak bisa sepenuhnya melindungi smartphone.
 
Makanya sekarang aksesori casing HP di e-commerce jumlahnya sangat banyak dengan berbagai jenis model bahkan sudah ada merek-merek tertentu yang terkenal. Harganya juga variatif dari puluhan ribu hingga jutaan Rupiah.
 
Kreator konten Aditya Wasa Wirman atau yang dikenal dengan Wasa Wirman di channel YouTube gemar memamerkan "jajan" casing HP. Dia membagikan tips memilih casing HP kepada Medcom.id yang ternyata ada tiga jenis casing HP yang tersedia di pasar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


1. Style Case
"Casing-casing yang biasa dikasih di paket penjualan sebuah smartphone. Kalau enggak transparan putih biasanya warnanya dark smoke. Casing kayak ini biasanya masih mengikuti bentuk asli bodi smartphone sama warna asli perangkat masih bisa kelihatan," jelas Wasa.
 
Style case biasanya tidak membuat genggaman smartphone terasa bulky atau tebal. Tentu saja di sini ada sisi minus yang bisa dijumpai menurut Wasa, yaitu desainnya yang tipis membuat kalau smartphone jatuh maka masih rentan mengalami kerusakan.
 
"Style case kan ada yang material hard case (keras) biasanya kalau jatuh suka pecah atau retak yang akhirnya berdampak langsung juga ke smartphone. Kalau yang material soft case biasanya makin lama warnanya jadi kuning, jelek," tutur Wasa.
 
2. Protective Case
Casing HP atau smartphone ini berfokus ke perlindungan yang kebalikannya dari casing jenis style case. Wasa memilih untuk membahas minus dari protective case terlebih dahulu.
 
"Pertama desainnya tebal jadi berasa bulky pas smartphone digenggam. Kemudian bentuknya menghilangkan lekuk asli smartphone, kotak-kotak gitu sudutnya. Warna casing-nya juga jarang transparan. Di balik minus ini jadinya terasa lebih aman kalau jatuh," jelas Wasa.
 
Namun menurut Wasa wajar kalau pengguna yang sudah beli smartphone mahal terutama pakai menabung demi bisa beli makanya mau pakai casing yang paling aman.
 
3. Hybrid Case
Casing jenis hybrid memadukan desain gaya dan proteksi yang menurut Wasa paling difavoritkan saat ini. Harga hybrid case ini beragam dan kebanyak merek terkenal biasanya lebih banyak menyediakan pilihan aksesori hybrid case.
 
"Materialnya pakai dua jenis, softcase di bagian sisinya dan hardcase bagian backdoor (belakang) HP. Warnanya beragam dan ada yang dikasih finishing material beragam. Positifnya adalah lebih bagus sekaligus aman," jelas Wasa.
 
Minusnya menurut Wasa adalah hybrid case memiliki material yang sedang hingga tebal. Tidak ada yang material yang tipis jadinya tetap menghilangkan bentuk asli dari bodi smartphone.
 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif