ebmaster Outreach Strategist Google Asia Pasifik Aldrich Christopher.
ebmaster Outreach Strategist Google Asia Pasifik Aldrich Christopher.

Konten yang Bagus untuk SEO Menurut Google

Teknologi google tips dan trik teknologi
Lufthi Anggraeni • 13 Maret 2019 17:14
Jakarta: Pada gelaran acara SEO Conference, Google menyebut bahwa pelaku SEO perlu mengutamakan pengguna saat menentukan strategi SEO yang akan diterapkannya, termasuk melalui konten yang akan dibuat.
 
“Pengguna menggunakan Google Search untuk mencari konten berkualitas, bukan konten yang spammy. Jadi penting bagi kita sebagai pelaku SEO untuk berpikir dari sisi user, bukan sekadar mementingkan mesin pencarian,” ujar Webmaster Outreach Strategist Google Asia Pasifik Aldrich Christopher.
 
Sementara itu, data menyebut bahwa lalu lintas pencarian dan akses internet terbanyak saat ini berasal dari perangkat mobile. Karenanya, pelaku SEO disebut Aldrich harus mulai memperhatikan faktor ini saat menghadirkan konten dan menerapkan strategi pengoptimalan mesin pencarian.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pelaku SEO disebut Aldrich perlu memastikan ketersediaan situs versi mobile terlebih dahulu, kemudian memperhatikan pengembangan situs versi web, meski keduanya disebut tetap perlu tersedia dan dikelola dengan baik.
 
Selain itu, pelaku SEO juga perlu memastikan bahwa konten dan situs pertama yang ditemukan algoritma Google Search merupakan versi mobile, sehingga dapat disimpan di perpustakaan mesin pencarian Google ini.
 
Meskipun demikian, pelaku SEO juga harus memastikan bahwa konten pada situs versi mobile dan web sama, dengan desain yang memiliki garis besar yang sama. Hanya saja, desain situs versi mobile perlu hadir dengan tampilan lebih responsif dan sesuai.
 
Kecepatan memuat situs turut menjadi faktor yang perlu diperhatikan pelaku SEO dalam menjalankan strategi pengoptimalan mesin pencarian ini. Sebab, 53 persen pengguna di Indonesia hanya memiliki rentang waktu kesabaran selama tiga detik, sebelum memutuskan untuk keluar dari situs mobile.
 
Karenanya, untuk mengoptimalkan kecepatan ini, pelaku SEO perlu memprioritas konten yang dinilai terlihat, mengoptimalkan gambar, menghapus render-blocking JavaScript dan CCS, memperkecil sumber, mengaktifkan kompresi, serta memperbaiki waktu respon server.
 
Selain itu, faktor lain yang juga perlu diperhatikan pelaku SEO adalah keamanan, dengan menggunakan fitur enkripsi sehingga aman dari penyadap, melindungi data sehingga tidak dapat diubah, serta memanfaatkan otentikasi sebagai pembuktian bahwa komunikasi situs tidak berbahaya.
 
Untuk melindungi situs, pelaku SEO dapat memanfaatkan verifikasi dua langkah, melakukan update pasa sistem dan plug-in, verifikasi situs di Search Console, melakukan backup secara berkala, serta menggunakan solusi dan praktik terbaik untuk keamanan.
 
Pelaku SEO juga perlu memastikan bahwa situs menggunakan protokol aplikasi https, dan bukan http. Sebab, protokol aplikasi http dinilai Google kurang aman akibat tidak melalui proses enkripsi, sehingga ditampilkan pada bar alamat di halaman peramban sebagai tidak aman.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif