Berikut rangkuman penyebab WhatsApp tidak dapat mengirim atau menerima pesan.
Berikut rangkuman penyebab WhatsApp tidak dapat mengirim atau menerima pesan.

Tips & Trik

7 Penyebab WhatsApp Tidak Bisa Kirim dan Terima Pesan

Lufthi Anggraeni • 09 Agustus 2022 11:09
Jakarta: WhatsApp merupakan salah satu platform pesan instan yang paling banyak digunakan oleh masyarakat dunia, terutama di Indonesia. Namun platform ini tidak luput dari masalah, terkadang menyebabkan pengguna tidak dapat mengirim atau menerima pesan.
 
Permasalahan ini dapat terjadi akibat sejumlah penyebab, dengan penyebab paling umum adalah buruknya jaringan internet yang diterima oleh ponsel.
 
Kondisi jaringan buruk memiliki pengaruh besar pada kemampuan WhatsApp dalam mengirim dan menerima pesan, sebab layanan ini hanya dapat diakses saat ponsel terhubung dengan jaringan internet.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun pada momen tertentu, jaringan internet bukan menjadi penyebab WhatsApp tidak dapat berfungsi dengan baik.
 
Faktor lain yang mempengaruhi kemampuan platform ini berpotensi disebabkan oleh pengaturan ponsel atau aplikasi tersebut. Berikut penyebab WhatsApp tidak dapat berfungsi dengan baik yang kami rangkumkan untuk Anda.
 
1. Jaringan internet buruk
Ponsel yang tidak terhubung dengan jaringan internet memadai menjadi salah satu penyebab utama WhatsApp tidak dapat mengirim atau menerima pesan.
 
2. Cache WhatsApp menumpuk
Cache atau data sementara dari aplikasi WhatsApp dapat memenuhi ruang penyimpanan ponsel. Hal ini dapat mengakibatkan sejumlah gangguan, salah satunya berpotensi menyebabkan pesan tidak dapat terkirim atau diterima perangkat.
 
3. Pembatasan akses penggunaan data pada WhatsApp
Penyebab WhatsApp gagal menerima pesan juga dapat disebabkan oleh pembatasan yang Anda atur dalam penggunaan data untuk aplikasi ini. Sebab saat ini, sebagian besar ponsel telah dibekali dengan fitur pembatasan penggunaan data untuk aplikasi tertentu, yang ditujukan untuk menghemat data internet seluler.
 
4. Belum menyelesaikan proses verifikasi awal WhatsApp
Saat menginstal kembali WhatsApp, umumnya pengguna diminta untuk melakukan proses verifikasi. Apabila belum menyelesaikan proses tersebut, WhatsApp menegaskan bahwa platform tidak akan dapat mengirim atau menerima pesan dari pengguna lain.
 
5. Versi aplikasi bukan terbaru
Umumnya, aplikasi versi lama memiliki banyak bug, yang bila terus digunakan berpotensi untuk mengalami masalah dalam pengoperasiannya.
 
6. Kontak diblokir
Pesan WhatsApp tidak dapat dikirim juga dapat disebabkan oleh pemblokiran yang dilakukan untuk dan oleh kontak tujuan. Saat terblokir, Anda tidak dapat mengirim atau menerima pesan ke dan atau dari kontak tersebut.
 
7. Server WhatsApp mengalami gangguan
WhatsApp mengalami kegagalan dalam menerima pesan dapat disebabkan oleh faktor di luar kendali pengguna. Masalah ini mungkin disebabkan oleh faktor dari pengembang platform tersebut, salah satunya adalah gangguan pada server aplikasi WhatsApp.
 
(MMI)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif