Langkah membuat tagar di dalam Instagram Stories menjadi tidak terlihat. (Iconosquare)
Langkah membuat tagar di dalam Instagram Stories menjadi tidak terlihat. (Iconosquare)

Tips & Trik

Cara Buat Tagar tak Ganggu Tampilan Instagram Stories

Teknologi media sosial tips dan trik teknologi instagram
Cahyandaru Kuncorojati • 11 Februari 2020 07:38
Jakarta: Hashtag atau tagar di Instagram berfungsi untuk mengumpulkan semua unggahan foto maupun video dari semua pengguna Instagram dengan tagar yang sama.
 
Hal ini dilakukan untuk memudahkan menemukan konten tersebut. Misalnya, apabila Anda mengunggah foto atau video tentang makanan. Gunakan tagar #food agar konten Anda ikut muncul di pencarian tagar tersebut.
 
Gunakan berbagai macam tagar agar konten Anda bisa dilihat banyak orang termasuk mendapatkan Like. Namun sebaiknya tagar yang digunakan harus terkait dengan konten foto atau video yang Anda unggah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Penggunaan tagar ini tidak hanya bisa dilakukan pada konten foto atau video melalui deskripsi atau caption konten. Tagar juga bisa digunakan di konten Instagram Stories.
 
Mengingat Instagram Stories tidak menyediakan kolom atau baris deskripsi (caption) maka tagar akan dituliskan di atas konten tersebut. Padahal terlalu banyak tagar atau teks bisa mengganggu tampilan Instagram Stories.
 
Medcom.id menemukan cara bagi pengguna Instagram untuk menempelkan tagar di konten Instagram Stories tanpa mengganggu tampilan konten Anda.
 
1. Setelah Anda mengunggah foto atau video di Instagram Stories, pilih ikon "Aa" di sudut kanan atas layar. Ikon ini digunakan untuk membuat teks atau menulis kalimat. Gunakan ikon ini untuk menuliskan tagar. Jangan lupa awal tagar dengan simbol #.
 
2. Sebelum mengakhiri proses menulis tagar, atau memilih tagar yang tersedia di bawah. Sentuh teks tagar tersebut kemudian pilih ikon pipet yang ada di sudut kiri bawah layar yaitu di jajaran pilihan warna.
 
3. Gunakan pipet itu untuk memilih warna berdasarkan warna benda yang tampil di dalam foto atau video. Pilih misalnya warna paling gelap atau terang. Kemudian pindahkan lokasi teks tagar ke bagian foto atau warna tersebut.
 
Tujuannya agar warna teks tagar menyatu dengan warna latar foto atau video. Jadi tagar tersebut tidak akan bisa terlihat oleh pengguna lain namun tetap akan muncul di pencarian tagar yang Anda inginkan.
 
Anda bisa menambahkan sedikit usaha dengan memperkecil teks tagar tersebut. Caranya tekan teks tersebut ke arah dalam denagn dua jari di tiap ujung teks.
 
Lakukan cara ini apabila Anda menggunakan cukup banyak tagar. Diimbau agar tagar yang digunakan memiliki kaitan dengan konten yang diunggah agar konten Anda tidak dianggap spam dan dilaporkan pengguna lain.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif