Ilustrasi.
Ilustrasi.

Tips & Trik

6 Trik Foto Keren Pakai Mode Portrait di Kamera Smartphone

Teknologi teknologi tips dan trik teknologi
Cahyandaru Kuncorojati • 09 Agustus 2021 12:19
Jakarta: Kini hampir di semua smartphone termasuk entry-level sudah hadir dengan lebih dari dua kamera. Setiap kamera pasti memiliki jenis lensa untuk kemampuan yang berbeda dan bisa ditemukan lewat mode yang ada di dalam fitur kamera smartphone.
 
Satu fitur atau mode foto di kamera smartphone yang banyak dijumpai adalah mode Portrait. Mode ini menghasilkan efek yang sama dengan Bokeh yang selama ini juga dikenal di dunia fotografi. Efek tersebut membuat latar belakang objek foto menjadi blur sementara fokus utama adalah pada objek yang diinginkan.
 
Hal ini membuat foto terlihat dramatis terutama jika latar belakang foto sangat menarik. Mode Portrait memang lebih cocok digunakan untuk memfoto objek seperti manusia karena hasilnya bisa digunakan untuk profile picture atau menggambarkan kegiatan serta momen seru untuk dibagikan di media sosial.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meskipun terlihat mudah untuk menghasilkan efek Bokeh atau menggunakan mode Portrait di kamera smartphone namun kadang sulit untuk menghasilkan foto yang bagus atau keren menurut mereka yang melihatnya.
 
Berikut ini Medcom.id sudah merangkum beberapa trik menghasilkan foto keren dengan mode Portrait seperti yang dibagikan oleh merek smartphone Oppo.
 
1. Fokus pada Mata Terdekat
Mata adalah fokus perhatian dalam foto potret apa pun dan bukan hanya fotografi portrait dengan ponsel cerdas. Jika gambar tidak tajam, maka foto potret yang kamu hasilkan akan terlihat kusam dan tidak bernyawa. 
 
2. Komposisi untuk Menonjolkan Subjek
Komposisi dalam fotografi smartphone juga patut diperhatikan. Kamu hanya perlu membagi bingkai atau frame foto menjadi sembilan kotak persegi berukuran sama. Pasang posisi subjek berada di salah satu dari empat titik berpotongan  atau dua di kedua sisi bingkai yang biasa disebut sebagai sweet spot pada bingkai. Hal ini secara otomatis menekankan subjek dan membuatnya terlihat menonjol.
 
3. Gunakan Fitur Sentuh untuk Fokus
Kamera smartphone bisa melakukan autofocus saat pengguna menyentuh layar smartphone pada objek foto yang tertangkap kamera. hal ini akan membantu kamera untuk dengan mudah dan akurat mengetahui fokus kamera dan mengenali objek foto lebih cepat.
 
4. Ekspos Bagian Wajah
Apabila kamera smartphone dilengkapi dengan fasilitas pengaturan manual maka manfaatkan dengan optimal untuk mengatur exposure/eksposur. Fokuskan exposure pada bagian wajah objek foto agar tidak terlihat gelap atau terlalu terang yang membuatnya tidak terlihat menonjol atau malah menyatu dengan cahaya latar belakang.
 
5. Manfaatkan Pencahayaan Alami
Mode Portrait atau fotografi portrait lebih cocok mengandalkan pencahayaan alami seperti sinar matahari atau dengan pencahayaan yang cukup. Kondisi low light atau pencahayaan yang minim kurang bagus untuk mode portrait meskipun ditambahkan efek lain yang membuatnya terlihat lebih cerah.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif