Dark mode di aplikasi Twitter platform iOS.
Dark mode di aplikasi Twitter platform iOS.

Apa Efek Samping Dark Mode di Smartphone untuk Mata?

Teknologi teknologi gadget tips dan trik teknologi hardware
Cahyandaru Kuncorojati • 23 November 2019 10:37
Jakarta: Dark mode atau mode gelap tengah populer di smartphone Android dan iOS. Sebuah riset terbaru menunjukan bahwa fitur ini ternyata punya efek buruk bagi penggunya.
 
Diketahui bahwa dark mode memberikan pengalaman baru bagi pengguna. Tampilan antarmuka yang disajikan menjadi warna gelap. Hal lain dari efek dark mode adalah konsumen baterai smartphone menjadi lebih hemat.
 
Layar menjadi tidak harus menyediakan tingkat keceragan tinggi dari panel yang digunakan sehingga konsumsi baterai bisa ditekan tiap kali smartphone aktif digunakan dalam waktu lama.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ternyata dark mode juga punya efek negatif. Penggunanya bisa mengalami gangguan penglihatan bernama astigmatisme atau mata silinder. Efek buruk ini terjadi apabila dark mode digunakan dalam kondisi siang hari atau pencahayaan di sekitar pengguna cukup terang.
 
Pada dasarnya, fitur dark mode membuat latar belakang berwarna gelap dan teks berwarna cerah. Hal ini memudahkan dan membuat mata lebih nyaman karena dalam kondisi penggunaan minim cahaya. Efeknya, membuat konten di layar lebih mudah terbaca dalam gelap.
 
Apabila dark mode diaktifkan dalam kondisi siang hari atau kondisi di luar ruangan dengan pencahayaan sangat cukup, justru tampilan antarmuka dan konten di layar sulit dibaca. Hal ini sudah dibuktikan Medcom.id, mau tidak mau tingkat kecerahan layar dibuat lebih tinggi dibandingkan tanpa mengaktifkan dark mode.
 
Dikutip dari Android Authority, efek dark mode dalam kondisi penggunaan yang salah ternyata bisa megakibatkan mata mengalami sinder atau astigamatisme, menurut riset American Optometric Association. Terjadi perubahan di bagian kornea.
 
Dijelaskan bahwa bentuk kornea menjadi oval sementara iris mata tetap berbentuk bulat. Di penderitanya akan mengalami kesulitan saat membaca teks atau konten berwarna putih atau cerah dengan latar belakang gelap. Efek ini akan dibarengi dengan rabun dekat atau rabun jauh.
 
Mudahnya, mata akan terasa membayang saat melihat sesuatu atau membaca teks di latar yang berwarna gelap. Lebih jauh dijelaskan bahwa pada dark mode, pupil mata berusaha menyerap lebih banyak cahaya dan berusaha fokus untuk membaca teks berwarna putih atau cerah pada latar berwana gelap.
 
Padahal tanpa mode dark mode, teks berwarna gelap pada latar berwarna putih atau cerah membuat mata lebih mudah fokus. Pupil mata tidak perlu bekerja lebih keras untuk menyerap cahaya dan fokus karena latar teks hitam dengan warna putih mampu memantulkan cahaya.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif