Berikut hal yang perlu diperhatikan untuk membedakan aplikasi palsu dan aplikasi asli.
Berikut hal yang perlu diperhatikan untuk membedakan aplikasi palsu dan aplikasi asli.

Tips & Trik

Perhatikan Hal ini untuk Bedakan Aplikasi Asli dan Palsu

Teknologi teknologi tips dan trik teknologi
Lufthi Anggraeni • 15 Oktober 2020 18:20
Jakarta: Tingkat mobilitas masyarakat yang kian tinggi serta peningkatan adopsi internet dan smartphone mendorong semakin banyak layanan yang menawarkan jasa mereka via internet, salah satunya adalah via aplikasi.
 
Tidak hanya layanan yang dibutuhkan masyarakat, tingkat adopsi layanan hiburan salah satunya game juga mendorong pelaku kejahatan siber untuk mendompleng popularitas aplikasi dan menciptakan aplikasi palsu.
 
Beberapa di antaranya mungkin hanya menampilkan iklan yang mengganggu di sepanjang akses aplikasi, sedangkan lainnya mengandung malware berkemampuan untuk mencuri informasi pribadi pengguna perangkat yang mengunduhnya, dengan informasi yang umum diincar adalah nomor kartu kredit.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk membedakan aplikasi asli dan palsu, pakar TI dan ahli keamanan digital dari Swiss German University, Charles Lim menyebut langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan mengunduh di toko aplikasi resmi. Dan berikut hal lain yang perlu diperhatikan untuk dapat membedakan aplikasi asli dan palsu.
 
1. Periksa pembuat aplikasi
Anda harus sangat berhati-hati saat memeriksa nama pembuat aplikasi. Para penipu biasanya menggunakan nama serupa dengan pembuat aplikasi asli. Misalnya, Overstock.com adalah aplikasi asli dan Overstock Inc adalah pembuat aplikasi palsu.
 
2. Periksa review di App Store atau Play Store
Aplikasi yang sebenarnya biasanya memiliki ribuan review. Sementara aplikasi palsu biasanya tidak memiliki review sama sekali. Selain itu, umumnya review aplikasi palsu didominasi dengan komentar baik tanpa kritik.
 
3. Lihat tanggal rilis aplikasi
Aplikasi palsu biasanya memiliki tanggal rilis yang relatif baru. Sementara aplikasi asli biasanya hanya menampilkan tanggal update terakhir. Misalnya, aplikasi Overstock palsu baru saja dirilis pada tanggal 26 Oktober tahun ini.
 
4. Jumlah Unduhan
Jumlah total unduhan juga perlu diperhatikan, sebab aplikasi populer yang memiliki sedikit unduhan, maka Anda patut mencurigai aplikasi tersebut sebagai aplikasi palsu.
 
5. Periksa kesalahan pada nama dan deskripsi
Aplikasi palsu bisa datang dari manapun, dan termasuk karya pengembang jahat yang berasal dari negara dengan bahasa Inggris bukan sebagai bahasa ibu mereka. Karenanya Anda juga perlu memperhatikan apakah ada kesalahan pada nama dan deskripsi aplikasi.
 
6. Pastikan Anda mengunduh aplikasi resmi
Ketika Anda hendak mengunduh aplikasi tertentu, Anda bisa mengunjungi situs resminya. Cari tombol atau ikon yang menawarkan untuk mengunduh aplikasi mereka. Hal ini akan membawa Anda ke aplikasi resmi dari situs tersebut di App Store atau Play Store.
 
7. Waspadai aplikasi yang menawarkan diskon
Jika aplikasi menawarkan diskon besar yang terdengar mustahil, berhati-hatilah. Karena kemungkinan, aplikasi tersebut hanya bermaksud menipu Anda.
 
Untuk lebih menjamin keamanan, Anda perlu mengunduh aplikasi yang sudah ditandatangani atau mendapatkan sertifikasi. Dengan adanya certified apps, maka aplikasi tersebut akan menjadi aplikasi yang dapat dipercaya.
 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif