Ilustrasi.
Ilustrasi.

4 Aplikasi Edit Video untuk Android

Teknologi android tips dan trik teknologi
Cahyandaru Kuncorojati • 05 Mei 2019 21:19
Jakarta: Video menjadi sebuah konten baru di media sosial. Konten ini lebih menarik untuk diunggah, apalagi dengan kehadiran fitur seperti Instragram Stories. Anda bisa mengunggah video singkat langsung menggunakan aplikasi tersebut atau mempercayakan kemampuan kamera ponsel Anda kemudian diunggah.
 
Apalagi bagi Anda yang berusaha belajar menjadi seorang vlogger atau mungkin influencer. Konten yang menarik bisa menjadi daya jual apalagi video sedang sangat digemari oleh pengguna internet.
 
Namun, sebatas video yang polos saja rasanya kurang menarik. Tentu saja di aplikasi Instagram juga tersedia beberapa fitur penyuntingan atau editing video yang sederhana. Apabila Anda menginginkan memiliki fitur editing video yang sangat lengkap maka Anda harus mengunduh aplikasi yang terpisah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Saat ini banyak sekali aplikasi editing video yang tersedia untuk Android di Google Play Store. Kualitas dan fiturnya tidak kalah dengan versi berbayar yang ada untuk iOS. Meskipun begitu beberapa aplikasi ini tidak sepenuhnya gratis.
 
Ada juga beberapa aplikasi editing video yang menerapkan model berlangganan. Dengan berlangganan, Anda bisa membuka banyak fitur, serta menghapus iklan yang biasa tampil di dalam aplikasi. Berikut ini beberama aplikasi editing atau penyuntingan video yang bisa digunakan.

1. Adobe Premiere Clip

4 Aplikasi Edit Video untuk Android
 
Nama aplikasi ini sudah sangat familiar karena juga tersedia untuk versi PC. Tidak heran apabila Adobe Premiere Clip juga menyediakan fitur penyuntingan yang sangat banyak. Bagi pengguna yang tidak ingin sepenuhnya melakukan editing secara manual Adobe Premiere Clip punya fitur canggih.
 
Aplikasi ini bisa memadukan foto dan video yang diinginkan lalu meracik semuanya menjadi sebuah video dengan editing berbeda yang bisa langsung Anda pilih.
 
Satu fitur lagi adalah Adobe Creative Cloud. Fitur ini memungkinkan video yang disunting di aplikasi mobile bisa dilanjutkan di aplikasi versi PC sehingga memungkinkan proses editing yang lebih mendalam lagi.

2. KineMaster

4 Aplikasi Edit Video untuk Android
 
Aplikasi ini termasuk yang sangat populer di Android. KineMaster hadir dengan intrface aplikasi yang nyaman dilihat dan mudah digunakan tapi memiliki banyak fitur.
 
Sebagian besar pengguna awam mengurungkan niat untuk menggunakan aplikasi editing video yang mumpuni karena tampilan dan cara penggunaanya cukup rumit. KineMaster memiliki fitur penggunaan berupa drag-n-drop.
 
Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk menyatukan foto dan video dalam durasi sebuah video hanya dengan meletakkan posisi konten tersebut dalam durasi video yang diinginkan.
 
Lebih detil lagi, pengguna juga bisa mengatur kapan efek atau template konten yang diinginkan muncul di dalam video pada waktu yang diinginkan. Jadi Anda seperti melakukan editing video profesional di aplikasi versi PC.

3. Quik

4 Aplikasi Edit Video untuk Android
 
Apabila Anda mengenal merek action cam GoPro maka perlu diketahui bahwa aplikasi ini adalah buatan mereka. Awalnya Quik dibuat untuk kebutuhan editing video yang direkam dari action cam mereka via smartphone.
 
Namun aplikasi Quik telah lama ikut mendukung editinh video dari kamera smartphone. Apabila aplikasi lain menyediakan fitur editing video sangat lengkap, Quik justru sangat sederhana tapi bisa diandalkan dan cukup menarik.
 
Di dalamnya Anda bisa memilih dan memadukan template editing video, transisi tiap video atau foto di dalamnya. Tidak ingin pusing, Quik bisa menganalisa 50 foto atau video yang dimasukkan untuk diolah dan secara otomatis menjadi satu video yang bisa Anda edit lagi.
 
Quik menawarkan aplikasi editing video dengan hasil memuaskan tapi bentuk yang paling sederhana. Sesuai untuk Anda yang tidak berniat membuat video profesional hanya untuk diunggah ke media sosial.

4. PowerDirector

4 Aplikasi Edit Video untuk Android
 
PowerDirector juga menyediakan fitur penyuntingan video yang mudah seperti KineMaster. Bukan drag-n-drop tapi model timeline.Namun antarmuka dan fitur yang disajikan bisa dibilang sepperti editing video profesional.
 
Salah satu fitur menarik adalah mendukung pembuatan green screen video. Jadi, Power Director bisa digunakan untuk mengubah background atau latar dari objek di dalam video. Bagi pengguna smartphone yang tidak mendukung fitur Slow-mo di dalam aplikasi ini tersedia fitur untuk menghasilkan efek Slow-mo.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif