Ilustrasi: HP
Ilustrasi: HP

Tips & Trik

Cara Bersihkan Perangkat dengan Benar

Teknologi teknologi tips dan trik teknologi
Lufthi Anggraeni • 30 Maret 2020 09:00
Jakarta: Selagi menyesuaikan diri untuk bekerja dan belajar dari rumah untuk memprioritaskan kesehatan dan keamanan masing-masing, tidak mudah untuk beradaptasi dengan perubahan ini.
 
Ada berbagai gangguan ketika bekerja dari rumah, baik dari teman serumah yang suka mengecek keadaan Anda, maupun pasangan, anak-anak dan hewan peliharaan yang muncul ketika panggilan konferensi, atau membuka pintu ketika conference call demi pesanan GoJek yang hadir di depan rumah.
 
Selain mengatur lingkungan kerja, berikut adalah panduan untuk membersihkan perangkat Anda. Kami menyarankan untuk selalu merujuk pada manual pengguna perangkat Anda.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


HP menyarankan untuk menggunakan disinfektan yang disarankan CDC (Centers for Disease Control and Prevention), yakni larutan alkohol yang mengandung 70 persen isopropil alkohol dan 30 persen air.
 
1. Gunakan kain fiber mikro untuk membersihkan perangkat dengan larutan ini, serta sarung tangan sekali pakai ketika membersihkan dan mensterilkan permukaan perangkat.
 
2. Matikan perangkat dan daya listrik (untuk printer, steker harus dilepas dari stopkontak), dan perlengkapan eksternal lainnya. Jangan bersihkan perangkat dalam keadaan menyala atau terhubung ke stopkontak.
 
3. Usapkan perlahan kain lembap tersebut di permukaan yang hendak dibersihkan. Jangan biarkan cairan apa pun menetes ke bagian-bagian perangkat seperti keyboard, panel display atau port USB di panel kontrol printer, karena dapat menyebabkan kerusakan pada perangkat.
 
4. Ketika membersihkan sebuah layar atau panel kontrol printer, usapkan kain pembersih dengan satu arah, dari bagian atas permukaan ke bawah.
 
5.Pastikan permukaan yang dibersihkan sudah kering sebelum menyalakan perangkat kembali. Jangan nyalakan perangkat bila masih ada cairan atau kelembapan yang tersisa di permukaan.
 
6. Buang sarung tangan setiap selesai membersihkan perangkat dan segera cuci tangan Anda setelah melepas sarung tangan.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif