Berikut pengertian dan fungsi dari surat elektronik atau lebih dikenal masyarakat dengan nama email.
Berikut pengertian dan fungsi dari surat elektronik atau lebih dikenal masyarakat dengan nama email.

Tips & Trik

Pengertian dan Fungsi Email

Lufthi Anggraeni • 27 Juni 2022 11:59
Jakarta: Email atau surat elektronik bukan lagi istilah baru, terutama di era digital saat ini. Seperti usungan namanya, email merupakan versi digital dari surat yang sebelumnya ditulis di atas kertas dan dikirimkan secara fisik.
 
Namun, seluruh proses untuk menciptakan email, dari penulisan, pengiriman, hingga penerimaan dan pembacaan email dilakukan secara elektronis, ditegaskan dari kata elektronik yang diusung namanya, serta memerlukan jaringan internet.
 
Menurut buku karya Yeni Susilowati berjudul Modul E-Commerce: Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran (2019), email memiliki pengertian sebagai fasilitas komunikasi dalam internet yang berfungsi untuk mengirimkan surat secara elektronik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sedangkan secara harfiah, email merupakan metode penulisan, pengiriman dan penerimaan pesan melalui sistem komunikasi elektronik berupa internet. Kehadiran email menjadikan proses surat-menyurat lebih mudah dan cepat, sebab dapat dilakukan tanpa perlu melalui pos.
 
Sementara itu, menurut Eko H. Setianto dan SmitDev Community dalam buku berjudul Asyiknya Bertukar Email (2008), email memiliki fungsi dasar serupa surat, yaitu sebagai media penyampaian pesan.
 
Namun, menggunakan perangkat yang terhubung ke internet sebagai media pengiriman, email disebut memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan surat fisik. Salah satu kelebihan tersebut yaitu waktu singkat yang dibutuhkannya untuk dikirim dan diterima oleh pihak tujuan.
 
Sedangkan surat fisik membutuhkan waktu selama beberapa hari hingga diterima oleh pihak yang dituju. Selain itu, email juga mengusung kelebihan yang memungkinkannya digunakan dimana saja, selama pengirim terhubung ke jaringan internet.
 
Email juga mengusung kelebihan untuk dikirimkan ke beberapa orang sekaligus secara bersamaan, dan pengirim hanya perlu mengeluarkan uang untuk membeli kuota internet. Selain itu, email juga memungkinkan penerima menerima dan membacanya tanpa batasan waktu dan lokasi.
 
Pengirim maupun penerima email juga dapat menyimpannya sebagai arsip, atau mengirimkan kembali kepada orang lain. Email juga memiliki sejumlah fungsi, seperti yang dikutip dari buku Business Communication: Konsep dan Praktik Berkomunikasi (2020) karya Alvian Hardianto, dkk.
 
Email berfungsi seperti untuk mendaftar akun media sosial dan sejumlah situs lain, sebagai sarana promosi barang dan jasa, serta mengirim dan menerima file berupa dokumen, foto dan video. Email juga kerap digunakan untuk mengaktifkan perangkat karya sejumlah merek, dan sarana berkomunikasi yang cukup efektif dan efisien.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif