Asus ROG Phone 5 versi reguler. (Cahyandaru Kuncorojati/Medcom.id)
Asus ROG Phone 5 versi reguler. (Cahyandaru Kuncorojati/Medcom.id)

Review Smartphone

Review Asus ROG Phone 5, Hape Gaming Terbaik dan Tercanggih

Teknologi teknologi asus hardware review gadget asus rog
Cahyandaru Kuncorojati • 10 Maret 2021 21:16
Jakarta: Medcom.id mendapatkan kesempatan eksklusif untuk menjajal lebih dulu smartphone gaming generasi terbaru dari Asus yaitu Asus ROG Phone 5. Hal ini cukup istimewa karena dulu kami juga berkesempatan menjajal tiga generasi sebelumnya dari Asus ROG Phone.
 
Asus ROG Phone 5 dirilis di global dalam tiga varian atau model yaitu yang reguler kemudian ROG Phone 5 Pro dan ROG Phone 5 Ultimate. Medcom.id berkesempatan menjajal model reguler yaitu Asus ROG Phone 5.
 
Asus ROG Phone 5 yang kami jajal merupakan versi global, belum ada tanggal pasti untuk rilis di Indonesia. Kami menjajal pengalaman menggunakan Asus ROG Phone 5 model RAM 16GB.
 

Desain

Perbedaan Asus ROG Phone 5 soal desain mungkin tidak terkesan berbeda jauh tapi melihat bagian tertentu jelas Asus tidak mau smartphone atau hape gaming ini punya tampilan yang sama. Hal ini bisa dijumpai di bagian RGB di belakangnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Review Asus ROG Phone 5, Hape Gaming Terbaik dan Tercanggih
 
Asus ROG Phone 5 reguler punya desain LED RGB model dot atau titik-titik yang dilengkapi sebuah teks dengan gaya huruf yang futuristik. Desain ini lebih menarik tapi tidak norak dibandingkan Asus ROG Phone 3 yang lebih elegan.
 
Tentu saja desain bagian ini berbeda dari Asus ROG Phone 5 Pro dan ROG Phone 5 Ultimate yang menggunakan panel layar bernama ROG Vision. Sama dengan pendahulunya, LED RGB di bagian belakang Asus ROG Phone 5 reguler masih bisa dikustomisasi.
 
Bingkai kamera belakang Asus ROG Phone 5 menonjol keluar yang membuatnya mudah tergores. Hal ini terbukti pada kasus Asus ROG Phone 3 yang kami gunakan, bagian tepi bingkai kamera belakangnya sangat mudah tergores dan dicemaskan akan mengganggu pandangan kamera.
 
Review Asus ROG Phone 5, Hape Gaming Terbaik dan Tercanggih
 
Di sini bisa dilihat bagian slot SIM Tray yang dibalut warna merah memberikan desain yang menarik sekaligus berbeda karena warna bodinya didominasi balutan warna hitam. Desain serupa juga dipoles pada tombol Power.
 
Di bagian sisi yang lain masih bisa dijumpai side mounting port untuk aksesori dan USB-C. K Kami masih menemukan kekurangan yang belum diperbaikin Asus yaitu karet penutup port yang mudah terlepas dan hilang meskipun mereka menyediakan cadangan di dalam paket penjualan.
 
Review Asus ROG Phone 5, Hape Gaming Terbaik dan Tercanggih
 
Di sisi bagian kanan terdapat logo ROG yang ukir pada tiap ujungnya yang menandakan area Ultrasonic Button sebagai bagian fitur AirTrigger 5 saat digunakan dalam posisi horizontal. Fitur ini kini memiliki fungsi yang membuat Asus ROG Phone 5 sangat canggih untuk gamer tapi akan kami jelaskan di bagian lain.
 
Pada sisi bagian bawah Asus ROG Phone 5 mengembalikan fitur audiojack 3,5mm, tidak cuma port USB-C seperti di Asus ROG Phone 3 yang menyediakan aksesori konektor audiojack to USB-C di paket penjualannya.
 
Desain Asus ROG Phone 5 tetap ramping dan ringan seperti dua generasi sebelumnya. Pada asus ROG Phone 1 bodinya masih tergolong tebal.
 

Layar

Kita berlaih ke bagian depan, Asus ROG Phone 5 memiliki layar ukuran 6,78 inci menggunakan panel AMOLED Samsung yang didukung refresh rate 144Hz response time 1ms berlapis Gorilla Glass Victus. Menariknya dimensi bodinya masih sama dengan Asus ROG Phone 3 yang punya ukuran layar 6,6 inci
 
Review Asus ROG Phone 5, Hape Gaming Terbaik dan Tercanggih
 
Latensi sentuhannya diklaim terendah di dunia yaitu 24,3 ms di refresh rate 144Hz sehingga layarnya responsif untuk bermain game. Fitur Auto Refresh Rate juga masih tersedia yang secara otomatis mengatur refresh rate saat layar menampilkan konten berbeda.
 
Saat menggunakannya untuk bermain game atau penggunaan biasa sangat terasa warna layar lebih cerah dan kaya alias hidup atau vibrant. Di bagian wajah Asus ROG Phone 5 bisa diihat ada perbedaan dari generasi sebelumnya yaitu ukuran grill speaker.
 
Review Asus ROG Phone 5, Hape Gaming Terbaik dan Tercanggih
 
Grill dual speaker yaitu di tepi atas dan bawah layar dibuat tampak semakin tipis sambil tetap mempertahan balutan warna hitam. Berbeda dari Asus ROG Phone 2 dan generasi pertama yang bagian ini cuku lebar serta dipoler warna oranye.
 
 
Halaman Selanjutnya
Fitur Asus ROG Phone 5…
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif