Hasil foto FaceApp menggunakan foto tokoh dunia. (Getty Images)
Hasil foto FaceApp menggunakan foto tokoh dunia. (Getty Images)

Ini Cara FaceApp Sulap Wajah Jadi Tua

Teknologi teknologi aplikasi FaceApp
Cahyandaru Kuncorojati • 18 Juli 2019 10:51
Jakarta: Masih ada pengguna aplikasi FaceApp buatan Yaroslav Goncharov yang bingung teknologi dan cara kerja aplikasi ini. FaceApp menjadi viral karena bisa mengubah foto wajah seseorang menjadi terlihat lebih tua atau muda bahkan mengganti jenis kelamin si pemilik foto.
 
Hebatnya, foto yang digunakan bisa foto langsung yang diambil dari kamera perangkat yang terpasang FaceApp atau foto yang diunduh dari internet dan disimpan.
 
Sebelumnya, pihak FaceApp sudah pernah membahas mengenai teknologi yang digunakan, salah satu teknologi utamanya adalah AI atau kecerdasan buatan berbasis neural network. Neural network memiliki kemampuan kecerdasan buatan menyerupai kerja otak manusia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Neural network mampu memodifikasi wajah pada semua foto dengan tetap menjaga kualitas photorealistic atau keasliannya. Contohnya, dia bisa menambahkan senyum, mengubah jenis kelami dan usia, atau mengubah terlihat lebih rupawan," tutur Goncharov dikutip dari Tech Crunch.
 
Teknologi ini juga sudah digunakan di aplikasi lain seperti Meitu yang sempat viral, dan tentunya Snapchat yang kemudian ditiru Instagram. Namun, Goncharov menyatakan bahwa FaceApp tidak menggunakan filter seperti di media sosial.
 
Kemampuan deep learning membuat modifikasi wajah di foto mampu menganalisis struktur atau hal identik dari wajah sehingga hasil foto menggunakan FaceApp terlihat sangat asli. Ini yang dimaksud dengan photorealism.
 
Jadi teknologi juga melakukan proses analisis dan belajar atau machine learning. Berbeda dengan menggunakan filter yang hasil foto modifikasi masih terlihat mirip atau malah sangat palsu. Goncharov mengklaim hasil modifikasi foto di FaceApp masih yang terbaik.
 
Menurut Goncharov, bagian tersulit dari modifikasi foto oleh AI adalah bagian menambahkan senyuman. Dijelaskannya, proses membuat senyum atau gerak mulut juga ikut mempengaruhi struktur atau area lain dari wajah pada foto.
 
"Banyak elemen yang dipengaruhi saat menambahkan senyumin, skin tone, bayangan, dan lainnya yang ikut terlihat ke area wajah di sekitar senyuman," ungkap Goncharov. Oleh sebab itu teknologi AI di FaceApp melakukan proses belajar terus menerus.
 
Namun, pertanyaan soal privasi keamanan mulai menyerang FaceApp. Apakah aplikasi FaceApp menyimpan foto para pengguna aplikasinya? Mengingat wajah dan bagian lainnya terutama mata kini semakin banyak diadopsi.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif