Achmad Zaky ketika bertemu dengan Jokowi.
Achmad Zaky ketika bertemu dengan Jokowi.

Akhir Kisah #UninstallBukalapak

Teknologi bukalapak e-commerce
Ellavie Ichlasa Amalia • 16 Februari 2019 22:20
Jakarta:CEO Bukalapak Achmad Zaky membuat cuitan tentang rendahnya dana riset dan pengembangan (R&D) Indonesia jika dibandingkan dengan negara-negara berkembang. Pada akhir cuitan, dia berkata bahwa berharap presiden baru akan bisa menaikkan biaya itu.
 
Cuitannya mengimplikasikan bahwa Zaky mendukung salah satu pasangan calon presiden, yang membuat marah para pendukung Presiden Joko Widodo.
 
Tagar #UninstallBukalapak pun menjadi trending para hari Jumat. Belum selesai, netizen juga membanjiri aplikasi Bukalapak di Play Store dengan review berbintang satu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bukalapak lalu mengeluarkan pernyataan resmi. Zaky mengaku bahwa dia khilaf.
 
"Saya, Achmad Zaky selaku pribadi dan sebagai salah satu pendiri Bukalapak, dengan ini menyatakan permohonan maaf yang sebesar-besarnya atas pernyataan yang saya sampaikan di media sosial," kata Zaky dalam keterangannya yang diterima Medcom.id, Jumat, 15 Februari 2019.
 
Zaky kemudian diundang ke istana kepresidenan untuk bertemu dengan Jokowi. Di sana, Zaky meminta maaf. Jokowi juga menjelaskan bahwa pemerintah tengah menyiapkan dana untuk riset. Menariknya, meskipun para pendukung Jokowi merasa marah atas cuitan Zaky, Jokowi justru meminta masyarakat untuk tidak menghapus Bukalapak.
 
"Pak Presiden menyampaikan jangan unsintall Bukalapak. Karena karya Indonesia harus didukung. Mungkin nanti akan disampaikan langsung oleh Bapak Presiden," kata Achmad Zaky usai bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, seperti dikutip dari Antara.
 
Senada dengan Jokowi, Putra Sulung Jokowi, Gibran Rakabuming juga merasa bahwa reaksi netizen terlalu berlebihan.
 
"Saya pikir #UninstallBukalapak itu terlalu berlebihan (dan norak)," kata Gibran dalam akun Twitter @Chilli_Pari, Jumat. 15 Februari 2019.
 
Salah satu kemarahan netizen pada Zaky didasarkan pada data yang dia gunakan. Data itu dianggap sudah tua dan tidak relevan. Dalam cuitan Zaky yang telah dia hapus, dia menyebutkan bahwa dana R&D Indonesia hanya mencapai USD2 miliar.
 
Jokowi mengatakan, saat ini, dana pengembangan dan riset di Indonesia telah mencapai Rp26 triliun.
 
"Tetapi ini harus ada sebuah kelembagaan besar agar arahnya jelas, tembakannya tepat, sehingga inovasi di negara ini bisa muncul, sekarang tersebar di kementerian dan lembaga," katanya.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi