Logo Windows dan Linux.
Logo Windows dan Linux.

Windows 10 Kini Dukung Penuh Linux

Teknologi microsoft Microsoft Build
Cahyandaru Kuncorojati • 08 Mei 2019 14:25
Seattle:Dalam acara Microsoft Bulid 2019, Microsoft mengumumkan akan mendukung Linux sepenuhnya di update Windows 10. Untuk memfasilitasi langkah tersebut, Microsoft mengumumkan update bernama Windows Subsystem for Linux (WSL).
 
WSL merupakan software dari Microsoft untuk membuat aplikasi berbasis Linux berjalan di Windows. Sistem operasi Linux memang sangat populer di kalangan developer, karena sifatnya yang open source alias gratis.
 
Sebelumnya, WSL berfungsi untuk menerjemahkan perintah pada kernel Linux ke kernel Windows. Perlu diketahui, kernel merupakan bagian inti dalam sebuah sistem operasi yang memungkinkan software atau aplikasi berinteraksi dengan hardware.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam update nanti, proses panjang tersebut akan dipangkas. Microsoft telah membangun kernel berbasis Linux di dalam WSL, sehingga developer tidak perlu bekerja dua kali. Kernel Linux akan bekerja sebagai virtual machine di dalam Windows 10, dan bisa diaktifkan dengan memasang WSL.
 
Virtual machine di sini diartikan aktif bersamaan dengan Windows 10 dan cukup berganti melalui WSL saat dibutuhkan.
 
Berbeda dengan versi WSL pertama di 2016, virtual machine tersebut berjalan sebagai sistem operasi seutuhnya di hardware. Jadi performa hardware digunakan bergantian.
 
Dikutip dari Wired, banyak pihak terutama kalangan developer menilai strategi Windows merangkul sistem operasi open source sangat tepat. Meskipun sistem operasi dan software Microsoft mendominasi konsumen kalangan perusahana, kebanyakan web server dibangun dengan Linux.
 
Langkah Microsoft ini juga diyakini mampu menarik minat developer yang menggunakan produk Macintosh, karena MacOS juga menggunakan Unix. Namun, selama ini banyak aplikasi untuk Linux yang tidak kompatibel dengan MacOS.
 
Microsoft Build 2019 merupakan acara yang digagas Microsoft untuk mengumumkan teknologi dan fitur baru dari Windows kepada kalangan developer.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif