Ilustrasi dari 'Oumuamua. (M. Kornmesser/AFP/Getty Images)
Ilustrasi dari 'Oumuamua. (M. Kornmesser/AFP/Getty Images)

Objek Asing Ini Dipastikan Berasal dari Sistem Bintang Lain

Teknologi antariksa
Ellavie Ichlasa Amalia • 21 November 2017 10:41
Jakarta: Para ahli astronomi kini yakin objek misterius yang melewati Matahari bulan lalu memang tidak berasal dari tata surya kita.
 
Mereka menamai objek tersebut 1I/2017 U1 ('Oumuamua) dan percaya, objek tersebut adalah salah satu dari 10 ribu objek asing lain yang ada di sekitar tata surya kita tanpa terdeteksi.
 
Objek tersebut dinyatakan berasal dari sistem bintang lain karena diperkirakan, orbitnya hanya bisa terbentuk jika ia berasal dari luar tata surya kita.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut laporan The Guardian, nama dari objek ini berasal dari bahasa Hawaii yang berarti pengirim pesan atau pengintai.
 
Memang, objek ini merupakan objek luar angkasa pertama yang diklaim datang dari sistem bintang lain. Dari objek ini, kita juga bisa belajar tentang formasi planet di sistem bintang asalnya.
 
Analisa terbaru menggunakan teleskop di Bumi menunjukkan bahwa 'Oumuamua mirip dengan komet dan asteroid yang ada di sistem tata surya kita sendiri. Ini penting karena hal itu mengimplikasikan bahwa tatanan planet seperti pada tata surya kita juga dapat ditemui di galaksi lain. 
 
Objek ini diperkirakan dapat menyerap 96 presen cahaya yang menyinari permukaannya dan ia diduga berwarna merah. Warna merah merupakan ciri khas molekul organik berdasar karbon. Molekul organik merupakan dasar dari molekul bilogis yang memungkinkan adanya kehidupan. 
 
Diperkirakan, hadirnya molekul organik ke Bumi disebabkan oleh tabrakan komet dan asteroid. Inilah yang membuat muncul kehidupan di Bumi. 'Oumuamua menunjukkan bahwa hal yang sama mungkin terjadi di sistem bintang lainnya. 
 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif