Komentar Oppo Soal Find X Curangi Hasil Benchmark

Cahyandaru Kuncorojati 03 Oktober 2018 17:25 WIB
gadgetoppo
Komentar Oppo Soal Find X Curangi Hasil Benchmark
Oppo Find X.
Jakarta: Kemarin, Oppo ketahuan melakukan kecurangan dalam pengujian atau benchmark lewat Oppo Find X.

Kini pihak Oppo Indonesia memberikan konfirmasi kepada Medcom.id atas temuan yang disampaikan oleh tim TECH2. Perihal skor pengujian 3DMark versi publik dan private yang berbeda, Oppo menyebut ini bukan kecurangan.

Pihak Oppo mengaku berkaca ke pengujian yang sama pada smartphone lain, dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 845 menggunakan aplikasi 3DMark versi public. Angka sekitar 4.400-4.600 juga kerap ditemui smartphone selain Oppo Find X dengan prosesor yang sama.


"Ketika mendeteksi pengguna sedang menjalankan aplikasi seperti game atau 3D Benchmark yang membutuhkan kinerja tinggi, smartphone OPPO akan membebaskan SoC untuk bekerja dengan kecepatan tertinggi agar menghasilkan pengalaman terbaik," tulis Oppo dalam rilis tanggapannya.

Sementara untuk pengujian menggunakan aplikasi 3DMark versi private yang dilakukan TECH2, Oppo menyebutkan bahwa aplikasi ini dianggap Oppo Find X sebagai aplikasi yang tidak dikenal, sehingga perangkat akan bekerja di mode pengoptimalan daya standar.

"Untuk aplikasi yang tidak dikenal, sistem akan mengadopsi mode pengoptimalan daya standar. Dalam hal ini, setelah pengguna tidak menggunakan perangkatnya secara aktif selama 5 hingga 10 detik, perangkat akan membatasi kinerja sistem hingga 70 persen sampai 80 persen dari kinerja maksimal tanpa mempengaruhi pengalaman pengguna," jelas pihak Oppo.

Klarifikasi ini menjadi jawaban kedua kalinya dari Oppo atas tuduhan temuan kecurangan ditemukan oleh beberapa pihak salah satunya temuan blogger Vietnam yang menuduh Oppo F7 melakukan kecurangan untuk mendapatkan skor benchmark tinggi.



(MMI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.