ASUS ROG Phone 2. (Mashable)
ASUS ROG Phone 2. (Mashable)

Perbedaan ASUS ROG Phone 2 dan ROG Phone Generasi Pertama

Teknologi asus asus rog
Cahyandaru Kuncorojati • 24 Juli 2019 11:01
Jakarta: ASUS kemarin telah menggelar sneak peak ASUS ROG Phone di Taiwan, yang rencananya akan dirilis pada bulan Agustus nanti. Sejauh ini, belum ada informasi harga rilis di negara asalnya, termasuk rencana kedatangannya ke Indonesia.
 
Melihat ASUS ROG Phone generasi pertama berhasil mendarat di Indonesia pada akhir tahun lalu, besar kemungkinan ASUS ROG Phone 2 bakal ikut menyapa gamer mobile yang menantikan smartphone gaming paling mumpuni.
 
Melihat tampilannya kemarin, ASUS ROG Phone 2 memang memiliki tema tampilan serta desain yang tidak jauh berbeda dengan generasi pertamanya. Dipastikan dari sisi spesifikasi, ASUS ROG Phone 2 masih lebih tinggi. Berikut ini Medcom.id merangkum perbedaan keduanya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



1. Dimensi Layar dan Refresh Rate
ASUS ROG Phone 2 membawa ukuran layar lebih lebar yaitu 6,59 inci, dibandingkan generasi pertamanya yang berukuran 6 inci. Keduanya sama-sama menggunakan panel AMOLED bezel tipis dan dilapisi Gorilla Glass 6.
 
Kemudian refresh rate yang dibawa ASUS ROG Phone 2 juga lebih tinggi yakni 120Hz. Hal ini menyajikan kualitas grafis yang lebih smooth sementara ASUS ROG Phone generasi pertama hanya menyediakan refresh rate di 90Hz.
 

2. Dapur Pacu
Seperti yang sudah ramai dibicarakan, ASUS ROG Phone 2 menggunakan Snapdragon 855 Plus fabrikasi 7nm yang dilengkapi GPU Adreno 640. Chipset tersebut khusus diciptakan Qualcomm untuk kebutuhan gaming.
 
Di ASUS ROG Phone generasi pertama digunakan Snapdragon 845 dengan GPU Adreno 630 yang dibangun dari fabrikasi 10nm. Chipset ini juga digunakan pada smartphone biasa, tetapi di ASUS ROG Phone generasi pertama frekuensi performa khusus ditingkatkan di atas rata-rata.
 
Untuk sistem operasi, kedua smartphone gaming ini menyediakan opsi untuk menggunakan antarmuka Android 9.0 Pie atau ROG UI. Beralih ke RAM dan memori internal, ASUS ROG Phone 2 kini jauh lebih besar kapasitasnya.
 
ASUS ROG Phone 2 menyediakan RAM 12GB dengan varian kapasitas memori internal 512GB dan 256GB. Berbeda dari generasi pertamanya yang memiliki RAM 8GB dan varian memori internal 512GB dan 128GB. Keduanya sama-sama tidak memiliki slot kartu memori tambahan.
 

3. Kemampuan Kamera Tetap Ditingkatkan
Meskipun kamera bukan daya tarik utama dari smartphone gaming, ASUS ROG Phone 2 kini memiliki kamera belakang ganda resolusi 48MP + 13MP serta kamera depannya 24MP.
 
Di ASUS ROG Phone generasi pertama hanya disediakan kamera belakang ganda 12MP + 8MP dan kamera depan 8MP. Melihat bagian belakangnya, pemindai sidik jari di ASUS ROG Phone 2 dipindahkan ke balik layar atau under-display seperti smartphone saat ini.
 

4. Baterai Jumbo 6.000 mAh
ASUS ROG Phone 2 juga bisa dibilang membawa kapasitas baterai yang lebih besar dan tidak biasa di pasar smartphone saat ini. ASUS menanamkan baterai kapasitas 6.000 mAh yang masih didukung Quick Charge 4.0 30W. Fitur tambahannya adalah dukungan reverse charging atau bisa menjadi powerbank.
 
Di ASUS ROG Phone generasi pertama tersedia baterai berkapasitas 5.000 mAh dengan fitur yang sama, Quick Charge 4.0 30W. Sisanya, fitur gaming seperti Air Trigger dan lainnya masih dijumpai pada ASUS ROG Phone 2.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif