Foto: Xiaomi
Foto: Xiaomi

Pendapatan Xiaomi Q3 2024 Cetak Rekor

Mohamad Mamduh • 26 November 2024 15:07
Jakarta: Xiaomi baru-baru ini mengumumkan hasil konsolidasi untuk periode tiga bulan yang berakhir pada 30 September 2024. Pada Q3 2024, Xiaomi mencatat rekor tertinggi baru, dengan total pendapatan mencapai RMB92,5 miliar (setara Rp203 triliun), dengan peningkatan sebesar 30,5% YoY.
 
Pencapaian ini menandai pertumbuhan Xiaomi selama tiga kuartal berturut-turut. Laba bersih yang disesuaikan mencapai RMB6,3 miliar (sekitar Rp13,8 triliun), tetap berada pada tingkat yang sangat baik. Strategi premiumisasi menunjukkan kemajuan signifikan, dengan marjin laba kotor keseluruhan sebesar 20,4%.
 
Sementara itu, tiga bisnis utama Xiaomi: ponsel, produk IoT dan gaya hidup, serta layanan internet, masing-masing mencatat pendapatan sebesar RMB47,5 miliar (setara Rp104,5 triliun), RMB26,1 miliar (setara sekitar Rp57 triliun), dan RMB8,5 miliar (sekitar Rp18,7 triliun).

Pendapatan dari bisnis smart EV dan inisiatif baru lainnya mencapai RMB9,7 miliar (sekitar Rp21,3 triliun), mendekati milestone RMB10 miliar (sekitar Rp22 triliun), dengan kinerja keseluruhan melampaui ekspektasi. Pertumbuhan ini menegaskan peran penting ekosistem cerdas “Human x Car x Home” Xiaomi sebagai pendorong dalam pencapaian hasil positif perusahaan.
 
Pada Q3 2024, sumber daya kas Xiaomi terus meningkat, mencapai rekor baru sebesar RMB151,6 miliar (setara Rp333 triliun) per 30 September. Selama festival belanja 11.11 tahun ini, nilai total barang dagangan Xiaomi (Gross Merchandise Value / GMV) mencapai rekor tertinggi dengan total sebesar RMB31,9 miliar (Rp70 triliun). Seiring dengan perkembangan segmen bisnis, Xiaomi terus memperkuat posisinya di pasar dan membuka tahap perkembangan yang baru.
 
Pengiriman smartphone Xiaomi secara global mencapai 43,1 juta unit pada Q3, meningkat 3,1% YoY. Menurut data Canalys, pengiriman smartphone Xiaomi secara global menempati peringkat tiga besar merek smartphone global untuk kuartal ke-17 berturut-turut, dengan pangsa pasar sebesar 13,8%.
 
Peringkat pengiriman smartphone Xiaomi di Tiongkok naik ke posisi ke-4, dengan pangsa pasar meningkat sebesar 1,2 poin persentase YoY menjadi 14,7%, menandai pertumbuhan pangsa pasar selama tiga kuartal berturut-turut.
 
Pendapatan smartphone Xiaomi pada Q3 mencapai RMB47,5 miliar (Rp104,5 triliun), naik 13,9% YoY. Strategi premiumisasi smartphone yang diterapkan Xiaomi terus menunjukkan kemajuan signifikan. Menurut data pihak ketiga, smartphone Xiaomi dengan harga diatas Rp6,6 juta menyumbang 20,1% dari total pengiriman smartphone di Tiongkok, meningkat 7,9 poin persentase YoY.
 
Berdasarkan segmen harga, Xiaomi mencapai peningkatan YoY dalam pangsa pasar di tiga segmen harga smartphone di Tiongkok pada Q3 2024. Di segmen Rp6,6 juta hingga Rp8,8 juta, pangsa pasar Xiaomi mencapai 18,1%, naik 9,3 poin persentase YoY. Di segmen hingga Rp11 juta, pangsa pasar Xiaomi mencapai 22,6%, naik 9,7 poin persentase YoY. Di segmen tertinggi Rp13 juta, pangsa pasar Xiaomi mencapai 6,9%, naik 2,4 poin persentase YoY.
 
Laba kotor IoT mencapai rekor tertinggi dengan pengiriman AC dan mesin cuci yang tumbuh lebih dari 50%Pada Q3, bisnis produk IoT dan gaya hidup Xiaomi mempertahankan pertumbuhan yang kuat dengan pendapatan mencapai 26,1 miliar RMB (setara sekitar 57 triliun rupiah), naik 26,3% YoY, dan marjin laba kotor mencapai rekor tertinggi 20,8%, naik 2,9 poin persentase YoY.
 
Xiaomi SU7 mencapai target pengiriman 100.000 kendaraan dengan pendapatan Smart EV mendekati RMB10 miliar (sekitar Rp22 triliun). Pada Q3 2024, pendapatan dari Smart EV dan inisiatif baru lainnya mencapai RMB9,7 miliar Rp21,3 triliun, dengan marjin laba kotor bisnis meningkat menjadi 17,1%. Xiaomi terus meningkatkan produksi, dengan pengiriman Xiaomi SU7 Series mencapai 39.790 unit kendaraan selama Q3 2024. Tercatat pada 30 September 2024, Xiaomi telah mengirimkan sebanyak 67.157 unit Xiaomi SU7 Series.
 
Mulai 30 Oktober 2024, Xiaomi SU7 Pro dan Xiaomi SU7 Max mulai meluncurkan secara bertahap fitur bantuan navigasi kota (urban NOA), menandai fase baru untuk sistem kemudi pintar Xiaomi.
 
Pada Oktober 2024, Xiaomi secara resmi meluncurkan Xiaomi HyperOS 2, yang menandai pencapaian signifikan menuju pembangunan ekosistem AI yang komprehensif. HyperOS 2 menghadirkan tiga inovasi teknologi inti - HyperCore, HyperConnect, dan HyperAI - yang menawarkan pengalaman baru dan canggih bagi pengguna global dalam hal fungsionalitas dasar, konektivitas cerdas lintas perangkat, dan interaksi AI.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(MMI)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan