Linksys WRT 1200AC salah satu router dengan dua frekuensi WiFi
Linksys WRT 1200AC salah satu router dengan dua frekuensi WiFi

Harus Tahu, Ini Perbedaan WiFi 2,4GHz dan 5GHz

Teknologi teknologi
Riandanu Madi Utomo • 21 Juli 2016 15:28
medcom.id, Jakarta: Tahukah Anda bila sinyal WiFi itu berbeda dan memiliki kelas tersendiri? Sinyal WiFi yang dipakai secara umum hingga saat ini terbagi menjadi dua kelas, yaitu 2,4GHz dan 5GHz. Keduanya memiliki karakteristik yang berbeda serta memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.
 
Sebelum melangkah lebih jauh, perlu diketahui bila perangkat penerima sinyal WiFi juga harus sejenis dengan pemancarnya. Jadi perangkat yang hanya bisa menerima sinyal 2,4GHz tidak akan bisa menerima sinyal dari router WiFi 5GHz. Hal ini perlu Anda ketahui lebih dulu agar tidak salah dalam memilih router.
 
Kembali ke klasifikasi sinyal WiFi. Menurut artikel resmi yang dirilis oleh produsen router Linksys, sinyal dengan frekuensi 5GHz atau Wireless-A bisa memiliki bandwidth maksimal yang sama dengan WiFi 2,4GHz, yaitu sebesar 54 Mbps. Jadi tidak benar bila router 5GHz dapat menghadirkan bandwidth yang lebih kencang dari router 2,4GHz.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lalu apa perbedaannya?
 
Jenis lingkungan dan kondisi di sekitar router yang akan sangat berpengaruh pada penggunaan frekuensi yang tepat. 
 
Faktor pertama yang membedakan kedua frekuensi tersebut adalah interferensi sinyal. Frekuensi 5GHz memiliki tingkat interfrensi sinyal yang lebih sedikit dari frekuensi 2,4GHz. Hal tersebut dikarenakan sinyal lain seperti Bluetooth dan gelombang microwave memiliki frekuensi yang serupa. Kebanyakan di pasar router juga masih menggunakan frekuensi 2,4GHz sehingga kemungkinan sinyal untuk bentrok semakin besar.
 
Harus Tahu, Ini Perbedaan WiFi 2,4GHz dan 5GHz
Skenario penggunaan WiFi (gambar: Linksys)

Faktor kedua adalah lingkup sinyal. Frekuensi 5GHz memiliki lingkup sinyal dengan jarak yang lebih pendek dari frekuensi 2,4GHz. Dengan kata lain, router WiFi 2,4GHz memiliki jangkauan sinyal yang lebih luas ketimbang router 5GHz.
 
Faktor terakhir adalah skenario penggunaan. Frekuensi 5GHz memiliki spektrum sinyal yang lebih luas dan tidak memiliki banyak gangguan, sehingga sangat cocok digunakan dalam skenario yang membutuhkan bandwidth besar, seperti streaming film, bermain game, atau transfer file. Sementara kebalikannya, frekuensi 2,4GHz cocok untuk digunakan dalam skenario browsing atau membuka email.
 
Bagaimana memilih router yang tepat?
 
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, frekuensi 2,4GHz dan 5GHz memiliki karakteristik yang berbeda dan penggunaannya tergantung kepada kebutuhan dan kondisi Anda. Bila bingung, Anda bisa menggunakan router dengan fitur dual band atau memiliki dua frekuensi sekaligus, sehingga bisa mencakup segala skenario penggunaan Anda. Untuk lebih jelasnya, silahkan baca salah satu ulasan kami di tautan berikut ini:
 
Ingin mendapatkan router Linksys WRT 1200AC? Metrotvnews.com akan membagikan satu unit router WiFi Linksys WRT 1200AC ke satu pembaca yang beruntung. Caranya mudah, cukup jawab pertanyaan berikut ini:
 
Faktor apa saja yang mempengaruhi penggunaan router dengan frekuensi 2,4GHz dan 5GHz?

Jawaban harus dibuat dengan bahasa sendiri yang mudah dipahami. Pastikan Anda menjawabnya di bagian komentar artikel ini. Jangan lupa juga untuk Like dan Follow halaman Facebook serta Twitter Metro TV. Periode Kuis: 22-28 Juli 2016.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif