NEWSTICKER
Ilustrasi.
Ilustrasi.

SMS Penipuan Menang Undian Masih Jadi Kejahatan Siber Tertinggi

Teknologi
Cahyandaru Kuncorojati • 29 Oktober 2019 18:07
Jakarta: Keamanan siber nasional menjadi topik serius dalam pengumuman kolaborasi Huawei dan Badan Siber dan Sandi Negara hari ini, Selasa, 29 Oktober 2019. Menurut data Direktorat Cyber Crime Bareskrim Polri kejahatan siber di Indonesia masih tergolong tinggi.
 
"Laporan kejahatan siber di tahun 2018 mencapai angka 4.360 kasus dan sepanjang Januari hingga Agustus 2019 saja angkanya sudah menyentuh 3.429 kasus. Ini baru kejahatan siber yang dilaporkan kepada kami, jumlah yang tidak dilaporkan tentu jauh lebih banyak," tutur Kasubdit III Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri, Kombespol Kurniadi.
 
Dia menyebutkan bahwa penipuan online termasuk yang paling sering dilaporkan, salah satu bentuknya adalah pesan singkat atau SMS menang undian atau voucher. Permasalahannya, tidak semua korbannya melaporkan terutama yang berada di daerah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Misalnya, di sebuah daerah korban penipuan ini ingin membuat laporan ke kantor polisi tapi jaraknya dari tempat tinggal sangat jauh. Hal ini yang membuat mereka enggan melaporkannya. Jadi diperkisakan masih banyak kejahatan siber yang tidak diadukan kepada kami," jelasnya.
 
SMS Penipuan Menang Undian Masih Jadi Kejahatan Siber Tertinggi
 
Kombespol Kurniadi kembali menjabarkan data mengenai laporan jenis kejahatan siber yang diterima pada tahun 2018 dan 2019. Dibeberkan bahwa posisi tiga besar kejahatan siber di Indonesia masih memiliki urutan yang sama.
 
Tiga besar pengaduan kejahatan kriminal di Indonesia yang diterima Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri yaitu penipuan di posisi pertama kemudian penyebaran konten negatif atau provokatif dan selajutnya konten pornografi.
 
"Di kasus penipuan online kami mengumpulkan nomor telepon dan nomor rekening dari SMS menang undian atau voucher. Kemudian kami minta tolong operator seluler menelusuri posisi pengirim SMS penipuan tersebut," ujarnya.
 
SMS Penipuan Menang Undian Masih Jadi Kejahatan Siber Tertinggi
 
"Dari sini kami menemukan ada tiga daerah di Indonesia yang menjadi sumber pengirim SMS penipuan terbanyak, di antaranya dari Sulawesi Selatan, Sumatera Utara dan Sumatera Selatan," ungkap Kurniadi
 
Dia menuturkan bahwa pelaku yang tertangkap biasanya lebih dari dua orang dan mengandalkan smartphone dengan banyak nomor serta komputer atau laptop. Kurniadi juga belom bisa mengungkapkan apakah kelompok ini organisasi atau bukan tapi sebagian mash memiliki hubungan keluarga.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif