Ovo Ingin Buat Ekosistem Pembayaran Digital Terbuka

Ellavie Ichlasa Amalia 05 Juli 2018 17:08 WIB
fintech
Ovo Ingin Buat Ekosistem Pembayaran Digital Terbuka
Ovo bekerja sama dengan Bank Mandiri, Alfamart, Moka dan Grab. (Medcom.id)
Jakarta: Ovo mengumumkan kerja samanya dengan Bank Mandiri, Alfamart, Grab dan Moka. Dalam acara yang diadakan di Gandaria City, President Director Ovo, Adrian Suherman mengatakan bahwa bersama dengan rekan-rekan strategisnya, Ovo ingin membentuk ekosistem terbuka.

"Saya tidak percaya dengan ekosistem tertutup karena kita harus mengembangkan semua sendiri. Jika kita mau cepat berkembang, kita harus bekerja sama dengan banyak orang," kata pria yang akrab dengan sapaan Adrian ini.

"Di Indonesia, sebanyak 90 persen transaksi keuangan dilakukan dengan cash. Sementara 8-9 persen menggunakan kartu kredit."


"Kurang dari satu persen menggunakan digital payment. Untuk apa bersaing memperebutkan pasar yang satu persen? Sebaiknya, kita saling bekerja sama untuk membuat ekosistem terbuka dan menargetkan pasar yang 98 persen," katanya.

Adrian membanggakan, saat ini, Ovo telah tersedia di lebih dari 400 pusat perbelanjaan di Indonesia. Ke depan, dia ingin untuk menggunakan teknologi QR Code, memungkinkan pengguna Ovo untuk melakukan pembayaran digital di warung-warung kecil.

Kerja sama Ovo dengan Bank Mandiri akan membantu keduanya untuk saling menambahkan jumlah pedagang atau merchant yang bisa menggunakan sistem pembayaran digital mereka.

"Bank Mandiri memiliki lebih dari 300 ribu merchant, sementara Ovo memiliki puluhan ribu merchant. Dengan kerja sama ini, pengguna Ovo akan bisa melakukan transaksi di merchant Mandiri dan sebaliknya," kata Adrian.

Dengan semakin banyaknya toko yang menerima pembayaran lewat Ovo, diharapkan hal ini juga akan menambah jumlah pengguna.

Selain Bank Mandiri, Ovo juga bekerja sama dengan Moka, startup yang menawarkan sistem POS (Point of Sales) untuk pedagang yang masih menggunakan sistem pembayaran tradisional. Moka sendiri telah digunakan oleh 10 ribu pedagang.

Sementara untuk memudahkan mengisi saldo Ovo, mereka bekerja sama dengan Alfamart. Kini, pengguna Ovo bisa mengisi saldo di 14 ribu cabang Alfamart. Ke depan, Adrian mengatakan, dia berharap Ovo akan bisa digunakan untuk membayar belanjaan yang di beli di Alfamart.

Ovo juga bekerja sama dengan Grab. Melalui kerja sama ini, pengguna Grab bisa menggunakan Ovo untuk melakukan pembayaran. Selain itu, pengguna juga akan bisa mengisi saldo Ovo dengan bantuan pengendara Grab.



(MMI)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard: ASUS PRIME Z370-A, MSI X470 Gaming Plus
  • VGA: Colorful iGame GTX 1070 X-TOP-8G, ASUS Strix Vega 64
  • RAM: Apacer Panther RAGE 2400MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Apacer Panther AS340 240GB + Seagate Barracuda 8TB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Mouse: Logitech G903, Logitech G603
  • Keyboard: Logitech G610 Orion, Logitech G613
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.