Insiden PS Store milik Putra Siregar kembali mengingatkan masyarakat terkait smartphone HDC.
Insiden PS Store milik Putra Siregar kembali mengingatkan masyarakat terkait smartphone HDC.

Mengenal Ponsel Replika Buatan HDC

Teknologi teknologi
Lufthi Anggraeni • 30 Juli 2020 18:28
Jakarta: Insiden yang melibatkan nama YouTuber sekaligus pemilik bisnis PS Store, Putra Siregar, masih menjadi perbincangan di kalangan masyarakat. Akibat insiden ini, masyarakat kembali dihebohkan oleh perdagangan ponsel ilegal yang saat ini tengah diberangus oleh pemerintah.
 
Selain itu, insiden ini juga kembali mengingatkan masyarakat pada ponsel HDC. Untuk beberapa pengguna, mungkin istilah ini bukanlah istilah asing, terutama bagi masyarakat yang kerap mengamati perjalanan teknologi, khususnya ponsel cerdas atau smartphone.
 
Namun bagi pengguna yang belum memahami istilah ini, HDC adalah produsen smartphone yang menghadirkan barang replika atau tiruan supercopy, dengan tingkat kemiripan sangat akurat. Mungkin masyarakat umum akan lebih memahaminya dengan istilah awam seperti ponsel KW super.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dan ponsel kenamaan yang paling umum ditemukan dalam versi HDC adalah iPhone, dan kerap ditawarkan dengan harga jauh lebih terjangkau ketimbang versi aslinya. Ponsel HDC hadir dengan desain bodi bahkan tampilan antarmuka pengguna dan software serupa dengan ponsel orisinal.
 
Hal ini kerap menimbulkan kesulitan bagi orang awam untuk membedakan antara ponsel HDC dan orisinal. Selain itu, meski dapat diperoleh dengan harga terjangkau, pemilik ponsel HDC ini harus dibayang-bayangi dengan sejumlah kerugian.
 
Salah satunya adalah tidak tersedia garansi secara resmi dari produsen ponsel. Ponsel HDC juga tidak didukung oleh firmware dengan kejelasan dan kepastian menyoal update dan perlindungan. Karenanya, ponsel HDC ini rentan terhadap serangan malware.
 
Pengguna ponsel HDC ini juga kerap kesulitan dalam mengakses toko aplikasi yang umum mendukung ponsel versi orisinal, meski mengusung tampilan serupa yang sulit untuk dibedakan. Ponsel ini juga umumnya menyuguhkan performa yang tidak sebanding dengan ponsel versi orisinal.
 
Untuk dapat membedakan ponsel versi orisinal dan HDC, konsumen dapat memperhatikan sejumlah faktor.
 
1. Periksa toko aplikasi
Cara ini merupakan cara termudah untuk membedakan antara ponsel HDC dengan ponsel orisinal, terutama bagi pencari iPhone. Sebab, pada iPhone versi HDC, umumnya App Store yang membekalinya merupakan Google Play Store dengan tampilan yang dibuat serupa App Store.
 
2. Perhatikan bodi dan layar
Ponsel HDC memang hadir dengan perbedaan minim jika dibandingkan dengan ponsel orisinal. Namun, beberapa di antara hadir dengan ukuran lebih besar, atau bezel yang tidak sama dengan versi orisinal. Selain itu, beberapa ponsel HDC luput memperhatikan detail layout pada perangkat, salah satunya letak lampu LED.
 
3. Material
Membedakan ponsel HDC dengan ponsel orisinal juga dapat dilakukan dengan memperhatikan bahan yang digunakan pada bodi perangkat. Ponsel HDC umumnya menggunakan bahan bodi yang tidak sebaik ponsel aslinya, seperti plastik, sedangkan versi asli menggunakan bahan metal.
 
4. IMEI
Setiap ponsel cerdas dan perangkat komunikasi elektronik selalu memiliki rangkaian nomor identifikasi atau dikenal dengan istilah IMEI. Karenanya, konsumen perlu memeriksa nomor IMEI dari ponsel untuk mengetahui keasliannya. Nomor IMEI ini juga terkait dengan garansi perangkat.
 
5. Penggunaan tombol screenshot
Pada iPhone orisinal, pengguna umumnya dapat melakukan screenshot dengan menekan tombol daya dan home secara bersamaan, sedangkan iPhone HDC tidak bisa melakukan screenshot dengan tombol tersebut.
 
8. Harga
Jika menemukan ponsel yang ditawarkan dengan harga jauh di bawah harga ponsel yang dapat ditemukan di berbagai media resmi, terutama ponsel keluaran terbaru, maka ponsel ini patut dicurigai sebagai ponsel HDC.
 
Dengan demikian, kami menyarankan konsumen untuk lebih jeli dan teliti sebelum membeli ponsel cerdas, dan jangan mudah tergiur dengan harga yang sangat terjangkau jika dibandingkan dengan informasi harga yang dapat ditemukan di situs resmi produsen smartphone atau di media lain.
 

(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif