NEWSTICKER
Apple dilaporkan tengah mempertimbangkan untuk memungkinkan pengguna memilih aplikasi default.
Apple dilaporkan tengah mempertimbangkan untuk memungkinkan pengguna memilih aplikasi default.

Apple Pertimbangkan Izin Pengguna iPhone Soal Aplikasi Bawaan

Teknologi teknologi apple
Lufthi Anggraeni • 21 Februari 2020 09:36
Jakarta: Apple dilaporkan tengah mempertimbangkan untuk membuka akses iOS dan iPadOS miliknya sehingga pengguna dapat memilih aplikasi default sesuai keinginannya. Selain itu, Apple juga diperkirakan akan membuka akses speaker HomePod ke pihak ketiga seperti layanan streaming.
 
Namun, Apple belum mengeluarkan pernyataan resmi terkait dengan informasi ini. Menurut perkembangan baru, Apple berupaya memberikan pengguna pilihan untuk memilih peramban web dan aplikasi surat pihak ketiga sebagai permulaan.
 
Phone Arena juga melaporkan bahwa Apple telah sejak lama mengunci aplikasi asli sebagai aplikasi default tanpa memberikan opsi kepada pengguna untuk mengubahnya. Sementara itu, Spotify telah mengirimkan keluhan kepada European Commission pada bulan Maret lalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Spotify menuduh Apple melakukan praktik anti-kompetitif terkait dengan pengoperasian App Store. Apple sebelumnya juga mengalami penekanan dari panel antitrust US House of Representatives dalam jajak dengar tahun 2019 lalu.
 
Langkah baru ini dirumorkan akan tersedia paling cepat pada iOS 14, namun informasi ini masih sekadar kabar burung hingga Apple memberikan konfirmasinya. Sebelumnya, Apple diperkirakan akan memproduksi puluhan ribu produk pelacak ultra-wideband karyanya pada akhir tahun 2020 ini.
 
Sejumlah pihak memeriahkan rumor yang beredar dengan spekulasi produk ini akan mengusung nama AirTags atau Apple Tags. Analis Apple kenamaan, Ming-chi Kuo menyebut produk ini akan diproduksi pada kuartal ketiga tahun ini.
 
Kehadiran Apple Tags atau AirTags dibocorkan oleh sejumlah media pada tahun 2019 lalu. Bocoran gambar yang beredar menampilkan perangkat ini berupa pelacak Bluetooth serupa produk Tile, menggunakan gelombang radio ultra-wideband serupa iPhone 11 terbaru Apple.
 
Sementara itu, Apple dikabarkan akan mengumumkan iPhone 9/SE 2 pada pertengahan bulan Maret mendatang. Menurut informasi terbaru, gelaran acara tersebut mengalami penundaan hingga tanggal 31 Maret 2020 mendatang.
 
iPhone entry-level baru ini akan mulai dipasarkan pada pekan pertama bulan April. Apple juga dilaporkan mulai memproduksi iPad Pro generasi terbaru. Rumor yang beredar menyebut bahwa iPad Pro ini dijadwalkan akan dirilis pada bulan April mendatang.
 
Apple juga diperkirakan akan merilis tablet iPad Pro ini dalam kuantitas terbatas atau bahkan menunda peluncurannya. Selain iPad dan iPhone baru, Apple juga diperkirakan akan mengumumkan laptop MacBook Pro 13 inci.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif