Dalam survei melibatkan pelanggan di 28 negara, Samsung berhasil menempati posisi teratas di Indonesia dengan skor impresif 90,9%. Pencapaian ini diikuti oleh Shopee dengan 90% dan Garuda Indonesia dengan 89,4%, menggarisbawahi tingginya kepercayaan konsumen terhadap merek di sektor teknologi dan perjalanan.
Sebagai informasi, pada bulan Januari 2025, Samsung juga telah dinobatkan sebagai Best Global Brand versi YouGov. General Manager YouGov Indonesia & India Edward Hutasoit menekankan pentingnya rekomendasi langsung dari konsumen sebagai salah satu pengaruh terkuat terhadap citra dan kesuksesan merek di tengah gempuran informasi.
“Fakta bahwa Samsung jadi yang terdepan baik di Indonesia maupun dunia menunjukkan pentingnya konsistensi dan nilai nyata dalam membangun hubungan jangka panjang dengan konsumen,” ujar Hutasoit.
Peringkat ini disusun berdasarkan skor Recommend, yaitu persentase pelanggan aktif yang kemungkinan besar akan merekomendasikan merek kepada teman atau kolega. Di Indonesia, daftar 10 besar menampilkan kombinasi merek global dan lokal.
Daftar 10 besar tersebut mencantumkan Samsung dengan skor 90,9%, Shopee dengan skor 90,0%, Garuda Indonesia dengan skor 89,4%, Apple dengan skor 89,0%, Singapore Airlines dengan skor 89,0%, Traveloka dengan skor 88,8%, BCA Insurance dengan skor 88,8%, Allianz dengan skor 88,8%, Netflix dengan skor 87,7% dan BCA dengan skor 87,5%.
Hasil ini menunjukkan bahwa merek digital dan sektor perjalanan sangat dipercaya oleh konsumen Indonesia, dengan merek lokal seperti Garuda Indonesia, Traveloka, dan BCA yang mampu bersaing sejajar dengan merek global.
Menariknya, laporan ini juga mengungkapkan bahwa Indonesia menempati posisi tertinggi secara global dalam antusiasme konsumen untuk memberi rekomendasi. Berdasarkan data YouGov Profiles, 69% orang Indonesia setuju dengan pernyataan Saya senang merekomendasikan sesuatu ke orang lain.
Angka ini jauh di atas negara lain seperti Amerika Serikat sebesar 56% dan Jerman sebesar 55%. Edward menambahkan bahwa antusiasme konsumen Indonesia untuk berbagi pendapat adalah kekuatan luar biasa bagi brand.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News