Ini 5 kebiasaan yang mempengaruhi daya tahan baterai smartphone Anda.
Ini 5 kebiasaan yang mempengaruhi daya tahan baterai smartphone Anda.

Tips & Trik

5 Alasan Baterai HP Cepat Habis

Teknologi teknologi tips dan trik teknologi smartphone
Lufthi Anggraeni • 22 September 2020 14:19
Jakarta: Baterai menjadi salah satu hal yang kerap dipertimbangkan konsumen dalam memutuskan untuk membeli smartphone, dan Anda mungkin salah satu dari ribuan, bahkan jutaan konsumen tersebut. Namun tahukah Anda, bahwa kapasitas baterai tidak menjamin smartphone tahan lama?
 
Daya tahan baterai smartphone juga dipengaruhi oleh kebiasaan Anda dalam menggunakan smartphone atau kebiasaan saat mengisi daya perangkat. Berikut adalah aktivitas yang dapat mempengaruhi daya tahan baterai HP Anda.

1. Mengaktifkan Wi-Fi, Bluetooth dan Mobile Data bersamaan

Mengaktifkan ketiga fitur konektivitas ini pada smartphone akan membantu dalam menguras baterai perangkat tersebut. Sehingga tidak disarankan untuk mengaktifkan ketiganya secara bersamaan dan menonaktifkan fitur yang tidak digunakan.

2. Kecerahan layar terlalu tinggi

Tingkat kecerahan layar juga berkontribusi dalam konsumsi daya baterai smartphone Anda. Semakin tinggi tingkat kecerahan layar, maka baterai smartphone akan lebih cepat habis. Dengan demikian, sebaiknya Anda mengurangi tingkat kecerahan ini atau memanfaatkan dark mode di perangkat.

3. Notifikasi menyala terus-menerus

Menerima notifikasi dari aplikasi yang dimanfaatkan untuk membantu aktivitas sehari-hari memang tidak dapat dielakkan. Namun ini merupakan salah satu hal yang membantu mempercepat daya baterai habis, sehingga sebaiknya Anda mematikan notifikasi yang tidak dibutuhkan setiap saat.

4. Software dan sistem tidak versi terbaru

Menggunakan software versi lama tidak hanya menjadikan smartphone menjadi lebih lambat, tapi juga berpeluang untuk menguras daya baterai perangkat. Dengan demikian, melakukan update software ke versi terbaru akan dapat membantu hal ini.

5. Auto-update semua aplikasi

Mengaktifkan auto update untuk semua aplikasi akan menyebabkan daya baterai cepat habis, mengingat smartphone tidak selalu terhubung dengan jaringan dengan stabilitas baik. Dengan demikian, ada baiknya jika Anda menonaktifkan fitur auto-update dan hanya mengaktifkan notifikasi update aplikasi lebih penting.
 
Tidak hanya soal kebiasaan, daya tahan baterai juga terpengaruh dengan tahun keluaran smartphone. Semakin tua smartphone, teknologi yang mendukungnya pun berbeda dengan smartphone keluaran terbaru. Maka, Anda juga perlu memperhatikan hal-hal berikut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif