Google turut memeriahkan perayaan Hari Ayah Nasional pada 12 November ini via Doodle.
Google turut memeriahkan perayaan Hari Ayah Nasional pada 12 November ini via Doodle.

Google Rayakan Hari Ayah dengan Gambar Bebek

Teknologi google
Lufthi Anggraeni • 12 November 2019 17:04
Jakarta: Tanggal 12 November dirayakan masyarakat Indonesia sebagai Hari Ayah. Google turut merayakan Hari Ayah 2019 ini dengan menampilkan gambar sejumlah bebek di atas huruf Google di halaman mesin pencariannya.
 
Gambar tersebut menampilkan satu bebek berukuran paling besar dengan leher panjang, mengawasi bebek berukuran kecil lainnya yang tengah tertidur. Gambar bebek ini mewakili seorang ayah yang tengah mengawasi anak-anaknya.
 
Tidak hanya diam, gambar anak bebek dengan warna khas Google ini akan bergerak mengikuti hela nafas anak bebek yang tertidur, beberapa saat setelah kursor diarahkan ke gambar. Kepala ayah bebek juga bergerak ke kanan dan ke kiri menandai ia tengah mengawasi anak-anaknya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada awalnya, mungkin pengakses halaman mesin pencarian Google tidak memahami maksud gambar ini. Namun mengarahkan kursor ke gambar akan menampilkan informasi teks kecil bertuliskan Father’s Day 2019.
 
Mengklik gambar ini, menampilkan gambar anak bebek yang tidak lagi tertidur dan berinteraksi dengan sang ayah. Di bagian bawah gambar terdapat tombol dengan ikon Play, berfungsi menampilkan gambar bergerak lain.
 
Pada tombol pertama, dua dari enam anak bebek berada di atas badan dan kepala ayah bebek, sedangkan empat lainnya berdiri mengelilingi sang ayah seolah tengah bercengkrama. Tombol kedua menampilkan anak-anak bebek yang bersembunyi dari sang ayah dengan masuk ke dalam air.
 
Pada gambar ketiga, ayah bebek meniup anak bebek sehingga mereka masuk ke dalam gelembung, namun kemudian gelembung tersebut pecah sehingga anak bebek tercebur masuk ke dalam air.
 
Ketiga gambar tersebut mewakili interaksi ayah dengan anak yang selalu menorehkan kenangan indah dalam memori. Sementara itu menekan ikon kaca pembesar di sebelah tombol Play akan menampilkan halaman hasil pencarian terkait dengan Hari Ayah.
 
Hari Ayah dirayakan dalam waktu berbeda, seperti yang dijelaskan Wikipedia, yang muncul pada halaman hasil pencarian Google. Di wilayah Eropa, Hari Ayah dirayakan pada tanggal 19 Maret. Di Indonesia, Hari Ayah dirayakan pada tanggal 12 November, meski tidak ditetapkan pemerintah sebagai hari libur nasional.
 
Hari Ayah di Indonesia pertama kali dideklarasikan pada tahun 2006 di Balai Kota Solo, dihadiri oleh ratusan masyarakat dari berbagai kelompok komunitas. Kelompok ini termasuk komunitas komunikasi antar agama.
 
Sayangnya, pendeklarasian Hari Ayah ini tidak semeriah proses deklarasi Hari Ibu yang jatuh pada tanggal 22 Desember.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif