NEWSTICKER
Gameplay Plague Inc.
Gameplay Plague Inc.

Game Simulasi Virus, Plague Inc Dihapus Pemerintah di Tiongkok

Teknologi teknologi games tiongkok
Cahyandaru Kuncorojati • 28 Februari 2020 15:38
Jakarta: Pemerintah Tiongkok menerima kritik dari warganya sejak wabah virus Korona atau Covid-19. Mereka dinilai kerap menutupi fakta terkait wabah tersebut. Terbaru, mereka juga menarik peredaran game simulasi penyebaran virus.
 
Game Plague Inc yang sempat populer sebagai fenomena viral terkait wabah virus Korona dikabarkan ditarik peredarannya dari App Store oleh pemerintah setempat. Hal ini membuat game buatan studio Ndemic Creations tidak bisa ditemukan dan diunduh oleh pengguna iPhone.
 
Dikutip dari Mashable, kabar ini diketahui langsung dari pihak pembuatan game ini di situs resmi mereka semalam. Dijelaskan bahwa game mereka ditarik dengan alasan berisi konten ilegal menurut pemerintah Tiongkok. Meskipun begitu mereka tidak tahu konten apa yang dianggap ilegal.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami baru mendapatkan informasi bahwa Plague Inc "berisi konten ilegal di negara Tiongkok menurut keputusan Cyberspace Administration of China" dan game ini dihapus dari layanan App Store kawasan Tiongkok," tulis pihak Ndemic Creations.
 
"Kami tidak mengerti apakah penghapusan game ini terkait dengan wabah Coronavirus yang dihadapi Tiongkok. Plague Inc adalah game edukasi yang sudah mendapatkan dukungan badan CDC Amerika Serikat dan bekerja sama dengan organisasi kesehatan dunia terkait dukungan mengatasi wabah ini," jelas mereka.
 
Cyberspace Administration of China merupakan badan pemerintah Tiongkok yang bertanggung jawab atas pengawasan dan sensor informasi yang beredar di jagat internet dan layanan digital di negara tersebut.
 
"Kami sedang mencari cara dan berusaha agar game ini bisa kembali ke genggaman gamer di Tiongkok. Kami tengah mencoba berkomunikasi dengan Cyberspace Administration of China untuk memahami keinginan mereka," tulis Ndemic Creations.
 
Pada awal tahun ini dilaporkan Plague Inc. buatan studio game asal Inggris, Ndemic Creations mendadak banyak diunduh. Padahal game ini sudah dirilis di platform Android dan iOS sejak tahun 2012.
 
Dilaporkan bahwa game Plague Inc mendadak berada di posisi puncak platform iOS di Tiongkok menurut data firma industri game, SensorTower. Tadinya posisi game ini berada di peringkat ke-27 dalam daftar game yang paling populer.
 
Sesuai dengan nama game ini yang artinya wabah, di Plague Inc.pemain diajak untuk menciptakan sebuah wabah virus yang mematikan. Target kemenangan di game ini adalah apabila virus yang diciptakan pemain bisa menghabisi populasi manusia.
 
Di sini pemain akan diberikan tantangan. Pemain harus menciptakan kemampuan khusus dari virus tersebut. Kemampuan virus ini harus dikembangkan berdasarkan kondisi iklim atau geografis negara yang ingin dijangkiti.
 
Misalnya, virus tersebut bisa menular lewat udara atau dibawa unggas. Nantinya, setiap negara akan mengumumkan berita bahwa mereka sudah melakukan antisipasi. Seiring negara di dalam game melakukan pencegahan maka pemain dituntu untuk membuat virus semakin kuat.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif